Repo Dosen ULM

PENERAPAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KIMIA

Show simple item record

dc.contributor.author Sri, Amintarti
dc.contributor.author Atiek, Winarti
dc.contributor.author Arif, Sholahuddin
dc.contributor.author Syahmani, Syahmani
dc.contributor.author Mustika, Wati
dc.date.accessioned 2023-04-04T22:55:44Z
dc.date.available 2023-04-04T22:55:44Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27738
dc.description.abstract Hal penting yang ingin ditingkatkan berkenaan pembelajaran yaitu methods dan insight. Metode meliputi pengetahuan profesionalisme guru yang akan terlihat dalam rancangan pembelajaran dan penerapannya. Insight merupakan hal-hal yang tidak nampak dalam rancangan pembelajaran, unpredictable, terjadi spontan dalam pembelajaran, dan guru harus mengambil keputusan (decision). Tujuan penelitian ini adalah peningkatan pengelolaan pembelajaran secara reflektif, dengan cara menganalisis pembelajaran berdasarkan salinan percakapan selama proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian ‗Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 7 Banjarmasin‘. TBLA merupakan salah satu cara dalam Lesson Analysis yang merupakan bagian dari Lesson Study. Adapun langkah-langkah penelitian ini yaitu: (1) Merencanakan research lesson, (2) Implementasi pembelajaran, meliputi: observasi, refleksi, transkripsi (instant transcript), (3) Analisis pembelajaran melalui full transcript yang diperoleh melalui rekaman audio dan video. Penelitian dilaksanakan di kelas 12 MIPA-2 SMAN 7 Banjarmasin secara bersiklus. Berdasarkan hasil TBLA siklus 1 dan 2 terlihat kecenderungan transkrip percakapan secara klasikal masih didominasi oleh guru. Adapun dampak positif penerapan Lesson study antara lain: membantu guru mengkritisi pembelajarannya berdasarkan hasil reflektif, membantu guru dalam memantau aktivitas peserta didik secara lebih detail, karena bantuan observer dan meningkatkan kolaborasi guru dalam team teaching. en_US
dc.publisher QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sain en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 11, No. 2, 2020, 149-163;
dc.subject lesson study, TBLA, pembelajaran kimia en_US
dc.title PENERAPAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KIMIA en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account