dc.description.abstract |
Abstrak. Representasi visual dalam pembelajaran Biologi terkait dengan aspek
interpretatif yang mewakili entitas/elemen yang disajikan dalam bentuk foto, tabel, bagan
maupun diagram. Melalui kegiatan representasi visual dapat mencegah terjadinya
misskonsepsi. Pengembangan representasi visual secara kolaboratif melibatkan siswa,
guru dan kolaborator. Kegiatan dilaksanakan di kelas dengan berpusat pada siswa dengan
cara
membentuk
kelompok
kecil.
Program
kemitraan
ini
bertujuan
untuk
mengimplementasikan pembelajaran yang melibatkan representasi visual bagi siswa dalam
belajar Biologi secara kolaboratif. Adapun kegiatan dilakukan di SMA Negeri 1 Jorong
yang melibatkan siswa yang berjumlah 50 orang, guru Biologi serta kolaborator yang
terdiri atas dosen dan mahasiswa pendidikan Biologi. Kegiatan PKM dilakukan dengan
tatap muka dengan metode brainstorming dan diskusi. Berdasarkan hasil kemitraan
diketahui bahwa pembelajaran kolaboratif dapat dilakukan dengan menerapkan proses
sainstifik. Adapun langkah yang dilakukan antara lain. (1) proses persiapan seperti
brainstorming antara guru dan tim kolaborator, dan membentuk kelompok kolaboratif; (2)
proses pelaksaan yakni dengan menyampaian materi serta memberikan LKPD penunjang,
menganalisa data secara kolaboratif, menyusun hasil representasi visual secara
berkelompok dan hasil representasi visual disampaikan di kelas; dan (3) refklesi dari
kegiatan yang dilakukan seperti memperbaikan hasil representasi visual |
en_US |