Repo Dosen ULM

PENGGUNAAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Show simple item record

dc.contributor.author UTAMI, NURUL HIDAYATI
dc.date.accessioned 2023-03-24T06:18:51Z
dc.date.available 2023-03-24T06:18:51Z
dc.date.issued 2022-10-17
dc.identifier.issn 2086-7328
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27613
dc.description.abstract Pembelajaran dengan memanggunakan flipped classroomdibagi atas dua fase berupa (1) fase outclass kelas dengan mengungah bahan sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan LMS berupa Culture Literacy Digital Wetland, kemudian (2) fase inclass dengan diskusi dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh flipped classroom pada hasil belajar peserta didik pada materi Biologi dan (2) mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik. Pada penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan The non equivalent Kontrol Group pretest-posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Banjarmasin pada kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas ekperimen pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tes kognitif terkait dengan hasil belajar dan angket sikap terhadap kemandirian belajar dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan flipped clasroom mempengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Biologi dibandingkan kelas kontrol (2) Kemandirian belajar peserta didik menunjukkan pada kategori tinggi pada kelas yang menggunakan flipped clasroom jika dibandingkan pada kelas kontrol yang terkategori sedang en_US
dc.publisher quantum jurnal en_US
dc.title PENGGUNAAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account