dc.contributor.author | UTAMI, NURUL HIDAYATI | |
dc.date.accessioned | 2023-03-24T06:18:51Z | |
dc.date.available | 2023-03-24T06:18:51Z | |
dc.date.issued | 2022-10-17 | |
dc.identifier.issn | 2086-7328 | |
dc.identifier.uri | https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27613 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran dengan memanggunakan flipped classroomdibagi atas dua fase berupa (1) fase outclass kelas dengan mengungah bahan sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan LMS berupa Culture Literacy Digital Wetland, kemudian (2) fase inclass dengan diskusi dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh flipped classroom pada hasil belajar peserta didik pada materi Biologi dan (2) mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik. Pada penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan The non equivalent Kontrol Group pretest-posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Banjarmasin pada kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas ekperimen pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tes kognitif terkait dengan hasil belajar dan angket sikap terhadap kemandirian belajar dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan flipped clasroom mempengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Biologi dibandingkan kelas kontrol (2) Kemandirian belajar peserta didik menunjukkan pada kategori tinggi pada kelas yang menggunakan flipped clasroom jika dibandingkan pada kelas kontrol yang terkategori sedang | en_US |
dc.publisher | quantum jurnal | en_US |
dc.title | PENGGUNAAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI | en_US |
dc.type | Article | en_US |