dc.contributor.author |
Fajriah, Noor |
|
dc.contributor.author |
Hidayanto, Taufiq |
|
dc.contributor.author |
Amalia, Rizki |
|
dc.date.accessioned |
2023-02-09T01:21:56Z |
|
dc.date.available |
2023-02-09T01:21:56Z |
|
dc.date.issued |
2020-05 |
|
dc.identifier.citation |
Fajriah, N., Hidayanto, T., & Amalia, R. (2020). Development of learning materials in recurrence relations based on blended learning and wet land environment to increase higher order thinking skill of students. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 142-155. |
en_US |
dc.identifier.issn |
2442-3041 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27101 |
|
dc.description.abstract |
Perguruan Tinggi diharapkan dapat menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten dan mampu
bersaing di dunia kerja khususnya pada revolusi industri 4.0. Salah satu bentuk jawaban dari tantangan revolusi
industri 4.0 dalam praktik pembelajaran di Perguruan tinggi adalah pemanfaatan e-learning. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi relasi rekurensi berbasis blended learning yang valid dan
efektif. Bahan ajar dikembangkan menurut prosedur pengembangan bahan ajar 4D (Define, Design, Develop, dan
Disseminate). Pengembangan hanya difokuskan pada tahap Define, Design, dan Develop. Pada tahap develop, ahli
yang dilibatkan sebagai validator sebanyak dua orang pada sesi penilaian ahli (expert appraisal). Hasil validasi
bahan ajar adalah Va=3,38 dan berskor lebih dari atau sama dengan 2 pada setiap aspek di masing-masing
validator, sehingga bahan ajar dinyatakan valid. Setelah bahan ajar divalidasi, bahan ajar diuji keefektifannya
dengan melibatkan 42 mahasiswa sebagai subjek pada sesi Uji Pengembangan (Developmental Testing). Hasil uji
keefektifannya yaitu Ka=3,30 dan berskor lebih dari atau sama dengan 2 pada setiap aspek di masing-masing
subjek uji. Oleh karena itu, bahan ajar dinyatakan efektif. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika STKIP BAnjarmasin |
en_US |
dc.title |
Development Of Learning Materials In Recurrence Relations Based On Blended Learning And Wet Land Environment To Increase Higher Order Thinking Skill Of Students |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |