dc.description.abstract |
Kemampuan yang memegang peran sangat penting pada pembelajaran
matematika yaitu kemampuan komunikasi matematis karena komunikasi matematis
yaitu kemampuan dalam menulis, menginterretasikan dan mengevaluasi ide, simbol,
istilah, serta informasi matematika. Tapi ada faktor-faktor mempengaruhi tahap ke mampuan komunikasi matematis siswa, yaitu siswa masih sulit dalam memberikan
argumen pada jawaban siswa, siswa juga kesulitan membuat sketsa serta meng ungkapkan soal atau kejadian sehari-hari ke simbol-simbol matematik. Tujuan pene litian ini untuk mendeskrpisikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ma teri Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasinr Tahun Pelajaran
2016/2017 serta menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari kemampuan komu nikasi matematis siswa di kelas VIII A, VIII B, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H pada
materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/
2017. Metodenya deskriptif adalah metode yang dipakai. Semua siswa kelas VIII
SMP Negeri 15 Banjarmasin adalah populasi penelitian ini dengan jumlah 246 siswa
serta terbagi pada 8 kelas. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri
15 Banjarmasin sebanyak 6 kelas yang berjumlah 173 orang siswa. Teknik pengum pulan data memakai bentuk tes yaitu soal uraian. Hasil penelitian ini menyatakan
kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras di kelas
VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin, pada aspek 1 termasuk dalam kualifikasi sangat
kurang, pada aspek 2 termasuk dalam kualifikasi cukup, dan aspek 3 termasuk
dalam kualifikasi cukup. Ada perbedaan signifikan pada aspek kemampuan komu nikasi matematis antara siswa kelas VIII A, VIII B, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H
pada kemampuan menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan serta menggam barkan secara visual yaitu hanya pada aspek 1 |
en_US |