Repo Dosen ULM

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Noor, Jumaidi
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:21:46Z
dc.date.available 2023-02-09T01:21:46Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.citation Fajriah, N., & Nor, J. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii Smp Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).202-206 en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27100
dc.description.abstract Kemampuan yang memegang peran sangat penting pada pembelajaran matematika yaitu kemampuan komunikasi matematis karena komunikasi matematis yaitu kemampuan dalam menulis, menginterretasikan dan mengevaluasi ide, simbol, istilah, serta informasi matematika. Tapi ada faktor-faktor mempengaruhi tahap ke mampuan komunikasi matematis siswa, yaitu siswa masih sulit dalam memberikan argumen pada jawaban siswa, siswa juga kesulitan membuat sketsa serta meng ungkapkan soal atau kejadian sehari-hari ke simbol-simbol matematik. Tujuan pene litian ini untuk mendeskrpisikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ma teri Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasinr Tahun Pelajaran 2016/2017 serta menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari kemampuan komu nikasi matematis siswa di kelas VIII A, VIII B, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H pada materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Metodenya deskriptif adalah metode yang dipakai. Semua siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin adalah populasi penelitian ini dengan jumlah 246 siswa serta terbagi pada 8 kelas. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin sebanyak 6 kelas yang berjumlah 173 orang siswa. Teknik pengum pulan data memakai bentuk tes yaitu soal uraian. Hasil penelitian ini menyatakan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin, pada aspek 1 termasuk dalam kualifikasi sangat kurang, pada aspek 2 termasuk dalam kualifikasi cukup, dan aspek 3 termasuk dalam kualifikasi cukup. Ada perbedaan signifikan pada aspek kemampuan komu nikasi matematis antara siswa kelas VIII A, VIII B, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H pada kemampuan menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan serta menggam barkan secara visual yaitu hanya pada aspek 1 en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.title Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account