dc.contributor.author |
Rura, Putri Nur Mas |
|
dc.contributor.author |
Fajriah, Noor |
|
dc.contributor.author |
Suryaningsih, Yuni |
|
dc.date.accessioned |
2023-02-09T01:20:06Z |
|
dc.date.available |
2023-02-09T01:20:06Z |
|
dc.date.issued |
2022-11 |
|
dc.identifier.citation |
Rura, P. N. M., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI LINGKARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA NYIRU KELAS VIII SMP/MTs. JURMADIKTA, 2(3), 43-52. |
en_US |
dc.identifier.issn |
2797-8435 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27090 |
|
dc.description.abstract |
Matematika merupakan mata pelajaran wajib pada setiap tingkat
pendidikan sekolah dasar sampai sekolah menengah. Kenyataannya, pelajaran
matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit dan merupakan
pelajaran yang banyak tidak disenangi oleh peserta didik. Salah satu upaya
untuk menangani permasalahan tersebut melalui pengembangan LKPD
berbasis etnomatematika. Pengembangan LKPD berbasis etnomatematika
nyiru ini bertujuan untuk mendekatkan matematika dengan lingkungan peserta
didik. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan LKPD materi
lingkaran berbasis etnomatematika nyiru kelas VIII SMP yang valid serta
praktis. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development melalui
model 4-D yang dibatasi hanya sampai tiga tahapan antara lain tahap define,
design, dan develop. Tahap develop dilaksanakan dengan uji validasi oleh dua
orang ahli materi serta uji kepraktisan kepada 22 orang peserta didik. Uji
validasi LKPD yang dikembangkan dianalisis berdasarkan data hasil lembar
validasi dengan hasil memenuhi kriteria valid. Uji kepraktisan dianalisis
melalui data angket respon peserta didik memperoleh validitas kepraktisan
dengan hasil memenuhi kriteria praktis. Sehingga, dihasilkan LKPD pada
materi lingkaran berbasis etnomatematika nyiru yang valid dan praktis. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika FKIP ULM |
en_US |
dc.title |
PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI LINGKARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA NYIRU KELAS VIII SMP/MTs |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |