dc.description.abstract |
Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah agar siswa
mempunyai kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan
antarkonsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam
pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pemahaman
konsep matematis siswa dan (2) mengetahui aktivitas belajar siswa pada pokok
bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) melalui model
pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share di kelas VIIID SMP Negeri 19
Banjarmasin tahun pelajaran 2015-2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VIIID SMP Negeri 19 Banjarmasin tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 36
orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa per
indikator pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Pemahaman
konsep pada penelitian ini terdiri dari (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2)
mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya),
(3) memberi contoh dan non-contoh dari konsep, (4) menyajikan konsep dalam
berbagai bentuk representasi matematis, (5) mengembangkan syarat perlu atau
syarat cukup suatu konsep, (6) menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur
atau operasi tertentu, dan (7) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan
masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I terdiri dari lima pertemuan dan siklus II
terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif dan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman
konsep matematis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel
melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share di kelas VIIID SMP
Negeri 19 Banjarmasin tahun pelajaran 2015-2016 meningkat dan aktivitas belajar
siswa selama siklus I dan siklus II untuk berdiskusi dengan kelompok termasuk
dalam kriteria tinggi, maju ke depan kelas menyampaikan hasil diskusi atau
menjawab soal termasuk dalam kriteria rendah, memberikan tanggapan termasuk
dalam kriteria tinggi, mengajukan pertanyaan dan membuat kesimpulan termasuk
dalam kriteria sangat rendah. |
en_US |