Repo Dosen ULM

https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/5080/3468

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayatullah, Syarif
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Adini, M.H.
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:18:22Z
dc.date.available 2023-02-09T01:18:22Z
dc.date.issued 2021-12
dc.identifier.citation Hidayatullah, S., Fajriah, N., & Adini, M. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING. Computer Science and Education Journal, 1(2). en_US
dc.identifier.issn 2808-2397
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27080
dc.description.abstract Komputer berperan sebagai media penunjang proses pembeIajaran biasa dikenaI dengan istilah PembeIajaran Berbantu Komputer atau Computer-Assisted lnstruction (CAl). Salah satu teknologi yang dapat digunakan pada proses pembeIajaran adaIah media pembeIajaran interaktif. Tujuan peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis hypermedia pada materi garis dan sudut menggunakan metode problem solving dan mengetahui kelayakan media beradasarkan hasil validasi ahli, mengetahui keefektifitasan perangkat pembelajaran berdasarkan peningkatan hasiI beIajar siswa dalam penggunaan media serta mengetahui hasil respon pengguna dalam mengukur kepraktisan media pembeIajaran interaktif yang dikembangkan. Metode yang digunakan adaIah metode peneIitian dan pengembangan (Research and DeveIopment) dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif dengan menggunakan Iima tahapan yaitu anaIisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaIuasi. Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran interaktif dapat dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, dan Flash. Hasil validasi kelayakan media pembelajaran interaktif oleh ahli media didapatkan sebesar 77,38% dalam kategori layak, sedangkan oleh ahli materi didapatkan sebesar 82,11% dalam kategori sangat layak. Keefektifitasan perangkat pembelajaran diukur dengan uji n_gain dilihat dari meningkatnya hasiI beIajar siswa pada pretest dan posttest memiliki nilai rata-rata sebesar 0,56 dalam kategori sedang. Hasil respon pengguna untuk mengukur kepraktisan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan didapatkan hasil respon siswa sebesar 88,73% dalam kategori sangat baik, sedangkan hasiI respon guru sebesar 89,47% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validitas, keefektifitasan, dan kepraktisan maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan praktis. en_US
dc.publisher Pendidikan Ilmu Komputer FKIP ULM en_US
dc.title https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/5080/3468 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account