dc.contributor.author |
Jumiati |
|
dc.contributor.author |
Fajriah, Noor |
|
dc.contributor.author |
Danaryanti, Agni |
|
dc.date.accessioned |
2023-02-09T01:17:35Z |
|
dc.date.available |
2023-02-09T01:17:35Z |
|
dc.date.issued |
2021-11 |
|
dc.identifier.citation |
Jumiati, J., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Konteks Budaya Banjar. JURMADIKTA, 1(3), 20-30. |
en_US |
dc.identifier.issn |
2797-8435 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27075 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan
pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan
konteks budaya Banjar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se-Banjarmasin Barat.
Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling
sehingga diambil sampel dari tiga sekolah dengan jumlah 345 siswa. Teknik
pengumpulan data memakai tes soal uraian dan dianalisis berdasarkan
langkah penyelesaian Polya menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa
SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan konteks budaya Banjar yaitu
tergolong cukup dengan rincian sebagai berikut: (1) kemampuan memahami
masalah siswa tergolong kategori cukup; (2) kemampuan membuat rencana
siswa tergolong kategori baik; (3) kemampuan melaksanakan rencana siswa
tergolong kategori cukup (4) dan kemampuan melihat kembali siswa
tergolong kategori kurang |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika FKIP ULM |
en_US |
dc.title |
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Konteks Budaya Banjar |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |