dc.contributor.author |
Fajriah, Noor |
|
dc.contributor.author |
Santoso, Dwi Suji |
|
dc.date.accessioned |
2023-02-09T01:17:26Z |
|
dc.date.available |
2023-02-09T01:17:26Z |
|
dc.date.issued |
2014-10 |
|
dc.identifier.citation |
Fajriah, N., & Santoso, D. S. (2014). Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) pp181-186 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2597-9051 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27074 |
|
dc.description.abstract |
Pemahaman matematis merupakan salah satu keterampilan berpikir
tingkat tinggi yang mendukung kemampuan pemecahan masalah. Menurut Wilson
(Minarni, 2012) mengemukakan ternyata fakta dalam laporan hasil evaluasi TIMSS
(The Trends of Mathematical and Science Studies) tahun 1999, 2003, dan 2007
menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa Indonesia termasuk
ke dalam kategori rendah. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pemahaman matematis siswa Kelas VIII SMP. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif, dengan subjek siswa kelas VIII-B SMP Negeri 23
Banjarmasin Pelajaran 2013-2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif:
rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman
matematis siswa kelas VIII-B SMP Negeri 23 Banjarmasin tahun pelajaran 2013-
2014 pada kriteria cukup dengan rincian pemahaman instrumental pada kriteria baik
dan pemahaman relasional pada kriteria kurang |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika FKIP ULM |
en_US |
dc.title |
Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |