Repo Dosen ULM

Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Santoso, Dwi Suji
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:17:26Z
dc.date.available 2023-02-09T01:17:26Z
dc.date.issued 2014-10
dc.identifier.citation Fajriah, N., & Santoso, D. S. (2014). Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) pp181-186 en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27074
dc.description.abstract Pemahaman matematis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang mendukung kemampuan pemecahan masalah. Menurut Wilson (Minarni, 2012) mengemukakan ternyata fakta dalam laporan hasil evaluasi TIMSS (The Trends of Mathematical and Science Studies) tahun 1999, 2003, dan 2007 menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa Indonesia termasuk ke dalam kategori rendah. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman matematis siswa Kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subjek siswa kelas VIII-B SMP Negeri 23 Banjarmasin Pelajaran 2013-2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif: rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa kelas VIII-B SMP Negeri 23 Banjarmasin tahun pelajaran 2013- 2014 pada kriteria cukup dengan rincian pemahaman instrumental pada kriteria baik dan pemahaman relasional pada kriteria kurang en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.title Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account