Repo Dosen ULM

Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Suseno, Arief Angki
dc.date.accessioned 2023-02-09T01:17:16Z
dc.date.available 2023-02-09T01:17:16Z
dc.date.issued 2014-02
dc.identifier.citation Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2014). Kemampuan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27073
dc.description.abstract Karakteristik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbeda-beda karena cara bertingkah laku, menerima, menilai, berpikir, dan memproses informasi dari masalah tersebut berbeda. Perbedaan ini disebut dengan “cognitive styles” (gaya kognitif) yang kemungkinan mempengaruhi kemampuan matematika siswa. Gaya kognitif yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin Tengah. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan kemampuan siswa SMP dalam masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.title Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account