dc.contributor.author |
Fajriah, Noor |
|
dc.contributor.author |
Suseno, Arief Angki |
|
dc.date.accessioned |
2023-02-09T01:17:16Z |
|
dc.date.available |
2023-02-09T01:17:16Z |
|
dc.date.issued |
2014-02 |
|
dc.identifier.citation |
Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2014). Kemampuan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). |
en_US |
dc.identifier.issn |
2597-9051 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27073 |
|
dc.description.abstract |
Karakteristik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbeda-beda
karena cara bertingkah laku, menerima, menilai, berpikir, dan memproses informasi dari
masalah tersebut berbeda. Perbedaan ini disebut dengan “cognitive styles” (gaya kognitif)
yang kemungkinan mempengaruhi kemampuan matematika siswa. Gaya kognitif yang
digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field
Independent (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
yang signifikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan
gaya kognitif tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama
(SMP) di Banjarmasin Tengah. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan
statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan yang
signifikan kemampuan siswa SMP dalam masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika FKIP ULM |
en_US |
dc.title |
Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |