Repo Dosen ULM

Pelatihan Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Indikator Pencapaian Kompetensi bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar

Show simple item record

dc.contributor.author Muth'im, Abdul
dc.contributor.author Jumariati, Jumariati
dc.contributor.author Al Arief, Yusuf
dc.contributor.author Jannah, Nor
dc.date.accessioned 2023-01-26T00:07:23Z
dc.date.available 2023-01-26T00:07:23Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.issn 2722-3043
dc.identifier.issn 2722-2934
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/26886
dc.description.abstract Memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru-guru bahasa Inggris di Kalimantan Selatan terhadap perumusan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi. Metode kegiatan ini terdiri dari pemberian konsep pengetahuan tentang kurikulum dan komponennya, penjelasan tentang cara yang benar dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi disertai contoh-contoh, peninjauan terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru-guru peserta kegiatan, dan perbaikan rumusan TP dan IPK dalam RPP para peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru: (1) menyadari konsep keliru yang selama ini mereka pegang dalam merumuskan TP dan IPK, (2) memiliki konsep pengetahuan yang benar dalam menyusun TP dan IPK, serta (3) mampu merumuskan TP dan IPK dengan baik dan benar. Rumusan IPK yang dibuat oleh guru setelah mengikuti pelatihan telah mengalami perbaikan terkait: (a) penggunaan kata kerja operasional yang terukur, (b) penggunaan kata kerja yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran bahasa, dan (c) memunculkan metode pembelajaran yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai kompetensi dimaksud. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik dan mendapat perhatian dari seluruh peserta hingga kegiatan berakhir. Disarankan agar kegiatan bimbingan dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan lebih banyak guru-guru bahasa Inggris pemula di wilayah propinsi Kalimantan Selatan agar dapat membantu mereka memahami konsep yang benar tentang kurikulum dan perumusan tujuan pembelajaran serta indikator pencapaian kompetensi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher LPPM ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 3;Nomor 2
dc.subject abdimas; Indikator Pencapaian Kompetensi; Tujuan Pembelajaran en_US
dc.title Pelatihan Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Indikator Pencapaian Kompetensi bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account