Repo Dosen ULM

Pemberdayaan Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Kota Banjarmasin dalam Mengembangkan Soal berbasis HOTS untuk Mengukur Kemampuan Membaca

Show simple item record

dc.contributor.author Jumariati, Jumariati
dc.contributor.author Chandra, Noor Eka
dc.contributor.author Elyani, Eka Puteri
dc.contributor.author Octaviani, Saarah Nabiilah
dc.contributor.author Purnomo, Tsaltsa Rafiah
dc.date.accessioned 2023-01-26T00:06:42Z
dc.date.available 2023-01-26T00:06:42Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.issn p-ISSN: 1410-9344; e-ISSN: 2549-5631
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/26882
dc.description.abstract Memiliki kemampuan berpikir kritis sangat penting khususnya bagi remaja usia sekolah yang masih dalam masa pencarian jati diri dan belum mampu memilah informasi. Guru adalah figur yang penting dalam membekali peserta didiknya dengan kemampuan berpikir kritis karena guru memiliki peluang besar dalam menanamkan hal-hal positif yang mendukung perkembangan peserta didiknya. Itu sebabnya, penting bagi guru untuk mampu melatih peserta didiknya dalam berpikir kritis dan mengembangkan instrumen yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didiknya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para guru dalam mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis dalam membaca teks bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah metode partisipatoris dengan peran serta aktif dari para guru MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Banjarmasin yang berjumlah 35 orang. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari penyampaian materi, evaluasi pemahaman materi, pendampingan penyusunan soal, dan analisis butir soal. Temuan menunjukkan bahwa 96% butir soal yang disusun telah memenuhi standar asesmen berpikir kritis dalam bidang keterampilan membaca. Selain itu, lebih dari 65% dari total butir soal dirumuskan dengan benar sesuai konsep asesmen. Hal ini berarti bahwa kegiatan telah mencapai target di mana 71% dari total peserta meraih skor lebih dari sama dengan 6. Disimpulkan bahwa peserta pelatihan telah memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep penilaian berpikir kritis dan mampu menyusun soal pilihan ganda berbasis kemampuan berpikir kritis. en_US
dc.description.sponsorship ULM en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 25;Nomor 4
dc.subject kemampuan berpikir kritis (HOTS);asesmen; kemampuan membaca en_US
dc.title Pemberdayaan Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Kota Banjarmasin dalam Mengembangkan Soal berbasis HOTS untuk Mengukur Kemampuan Membaca en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account