dc.contributor.author |
Jumariati, Jumariati |
|
dc.contributor.author |
Chandra, Noor Eka |
|
dc.contributor.author |
Elyani, Eka Puteri |
|
dc.contributor.author |
Octaviani, Saarah Nabiilah |
|
dc.contributor.author |
Purnomo, Tsaltsa Rafiah |
|
dc.date.accessioned |
2023-01-26T00:06:42Z |
|
dc.date.available |
2023-01-26T00:06:42Z |
|
dc.date.issued |
2022-10 |
|
dc.identifier.citation |
APA |
en_US |
dc.identifier.issn |
p-ISSN: 1410-9344; e-ISSN: 2549-5631 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/26882 |
|
dc.description.abstract |
Memiliki kemampuan berpikir kritis sangat penting khususnya bagi remaja usia sekolah yang masih dalam masa pencarian jati diri dan belum mampu memilah informasi. Guru adalah figur yang penting dalam membekali peserta didiknya dengan kemampuan berpikir kritis karena guru memiliki peluang besar dalam menanamkan hal-hal positif yang mendukung perkembangan peserta didiknya. Itu sebabnya, penting bagi guru untuk mampu melatih peserta didiknya dalam berpikir kritis dan mengembangkan instrumen yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didiknya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para guru dalam mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis dalam membaca teks bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah metode partisipatoris dengan peran serta aktif dari para guru MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Banjarmasin yang berjumlah 35 orang. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari penyampaian materi, evaluasi pemahaman materi, pendampingan penyusunan soal, dan analisis butir soal. Temuan menunjukkan bahwa 96% butir soal yang disusun telah memenuhi standar asesmen berpikir kritis dalam bidang keterampilan membaca. Selain itu, lebih dari 65% dari total butir soal dirumuskan dengan benar sesuai konsep asesmen. Hal ini berarti bahwa kegiatan telah mencapai target di mana 71% dari total peserta meraih skor lebih dari sama dengan 6. Disimpulkan bahwa peserta pelatihan telah memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep penilaian berpikir kritis dan mampu menyusun soal pilihan ganda berbasis kemampuan berpikir kritis. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
ULM |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Volume 25;Nomor 4 |
|
dc.subject |
kemampuan berpikir kritis (HOTS);asesmen; kemampuan membaca |
en_US |
dc.title |
Pemberdayaan Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Kota Banjarmasin dalam Mengembangkan Soal berbasis HOTS untuk Mengukur Kemampuan Membaca |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |