Repo Dosen ULM

Pemberdayaan Guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Picture Word Inductive Model

Show simple item record

dc.contributor.author Jumariati, Jumariati
dc.contributor.author Elyani, Eka Puteri
dc.contributor.author Amelia, Rizky
dc.contributor.author Utomo, Khairin
dc.contributor.author Rianti, Rika
dc.contributor.author Ramadanty, Mardatilah Nadya
dc.date.accessioned 2023-01-26T00:05:16Z
dc.date.available 2023-01-26T00:05:16Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.issn p-ISSN: 1410-9344; e-ISSN: 2549-5631
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/26874
dc.description.abstract Tidak sedikit guru menemukan kendala dalam mengajar keterampilan menulis diantaranya yaitu rendahnya penguasaan siswa pada kosakata bahasa Inggris, kurangnya kemampuan siswa dalam menulis dalam bahasa Inggris, kurangnya alokasi waktu untuk membantu tiap siswa, dan kurangnya pengetahuan guru tentang teknik mengajar keterampilan menulis yang tepat bagi siswanya. Oleh karena itu, perlu diselenggarakan pemberdayaan kepada guru-guru bahasa Inggris mengenai teknik mengajar keterampilan menulis. Tujuan kegiatan ini adalah melatih guru-guru bahasa Inggris untuk mengembangkan model menulis teks deskripsi dengan Picture Word Inductive Model. Kegiatan ini menggunakan metode partisipatoris yang diadaptasi dari teori Kurt Lewin yang menekankan partisipasi aktif peserta selama kegiatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan 15 orang guru yang berasal dari berbagai instansi di wilayah Kabupaten Banjar. Kegiatan terdiri dari penyampaian materi tentang model PWIM, tanya jawab, diskusi kelompok, refleksi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil refleksi, para peserta berpendapat bahwa menggunakan PWIM akan lebih baik daripada menggunakan media gambar untuk membimbing siswa dalam menulis. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa para guru bahasa Inggris di Kabupaten Banjar telah memiliki pemahaman konsep yang tepat mengenai prinsip dasar mengajarkan keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan evaluasi dari hasil rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh peserta, para peserta memiliki kemampuan yang baik dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan menggunakan PWIM. en_US
dc.description.sponsorship ULM en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 24;Nomor 4
dc.subject teks deskripsi; Picture Word Inductive Model en_US
dc.title Pemberdayaan Guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Picture Word Inductive Model en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account