Repo Dosen ULM

Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaranpendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar

Show simple item record

dc.contributor.author irianto, tri
dc.date.accessioned 2022-12-29T07:53:18Z
dc.date.available 2022-12-29T07:53:18Z
dc.date.issued 2014-06-01
dc.identifier.issn 2549-1415
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/26690
dc.description.abstract Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru PJOK di Sekolah Dasar tentang kurikulum 2013 setelah menerima sosialisasi kurikulum 2013. Pengetahuan dan pemahaman dimaksud terutama tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan implementasinya dalam proses pembelajaran dengan penggunaan pendekatan saintifik. Untuk mengetahui penguasaan dan pemahaman kurikulum 2013 bagi guru PJOK Sekolah Dasar dilakukan dengan mempelajari dokumen RPP yang disusun oleh guru bersangkutan, sedang untuk mengetahui kemampuan implementasi proses pembelajarannya dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap guru PJOK pada waktu melaksanakan pembelajaran.Penelitian dilakukan terhadap guru PJOK yang telah mengikuti sosialisasi implementasi kurikulum 2013. Untuk Kota Banjarmasin sebanyak 13 orang guru PJOK yang berasal dari sekolah inti atau berstandar nasional yang dipanggil untuk mengikuti kegiatan sosialisasi. Dari 13 orang guru tersebut terpilih 3 orang guru yang mewakili untuk dijadikan sampel yang berasal dari 3 kecamatan yakni kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin Timur, dan Banjarmasin Selatan. Hasil penelitian dengan analisis-evaluasi antara apa yang direncanakan dan dilaksanakan oleh guru dengan pedoman kurikulum 2013 menunjukkan hasil bahwa RPP yang disusun guru PJOK pada dasarnya secara konsep, kerangka maupun format sudah sesuai dengan pedoman. Namun, masih terdapat kelemahan pada uraian komponen langkah-langkah pembelajaran pendekatan saintifik yang masih belum terlihat jelas dan komponen penilaian yang juga masih belum komprehensif dengan instrumen, kriteria, dan rubriknya. Sedang pada pelaksanaan proses pembelajarannya masih belum tampak langkah-langkah saintifik yang seharusnya menampilkan aktivitas pengamatan, menanya, mempraktikkan. Begitu juga dengan penilaian yang belum tampak dilakukan selama proses pembelajaran maupun diakhir pembelajaran en_US
dc.publisher Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga JPOK FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries 13-1;58-61
dc.subject kurikulum 2013 en_US
dc.subject rencana pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.subject implementasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan en_US
dc.title Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaranpendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account