dc.description.abstract |
Kepuasan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus terhadap E-Learning Simari Selama Covid – 19 Di Universitas
Lambung Mangkurat Utomo, Dewi Ekasari Kusumastuti, Misliyani Universitas Lambung Mangkurat Email: utomo.plb@ulm.ac.id Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan
mahasiswa berkebutuhan khusus Universitas Lambung Mangkurat terhadap penyajian dosen, materi
ajar, konten E-Learning Simari dan peran orang tua saat belajar melalui E-Learning Simari pada masa
pandemi Covid-19, serta untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus
Universitas Lambung Mangkurat saat belajar melalui E-Learning Simari pada masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan
data menggunakan kuisioner tertutup dengan skala likert dalam bentuk google form. Hasil penelitian
menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap E-learning simari adalah 9
orang (37,50%) mahasiswa berkebutuhan khusus yang merasa sangat puas, 7 orang mahasiswa (29,17%)
merasa puas, 6 orang mahasiswa (25%) merasa sedang-sedang saja, dan sisanya merasa tidak puas dan
sangat tidak puas masing-masing 1 orang mahasiswa (4,17%). Besarnya tingkat kepuasan mahasiswa
berkebutuhan khusus terhadap e-learning simari didasarkan pada 2 variabel yang berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa yaitu variabel penyajian dosen dan konten E-learning.
Sementara variabel materi ajar dan peran orangtua tidak memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap E-learning simari. Besarnya pengaruh
variabel X (penyajian dosen, konten e-learning, materi ajar dan peran orangtua) terhadap variabel Y
(kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus) sebesar 82,70%.
Kata Kunci: Kepuasan, Mahasiswa Berkebutuhan Khusus, |
en_US |