Repo Dosen ULM

Pendidikan IPS Powerful Berbasis Pariwisata Sungai

Show simple item record

dc.contributor.author Abbas, Ersis Warmansyah
dc.contributor.author Rusmaniah, Rusmaniah
dc.contributor.author Mutiani, Mutiani
dc.contributor.author Jumriani, Jumriani
dc.date.accessioned 2022-11-20T23:54:51Z
dc.date.available 2022-11-20T23:54:51Z
dc.date.issued 2022-11-11
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/26047
dc.description Judul: Pendidikan IPS Powerful Berbasis Pariwisata Sungai; Penulis: Ersis Warmansyah Abbas, Rusmaniah, Mutiani, Jumriani; Tebal Halaman: 312; Dimensi buku: 21 x 15 x 1.9; Pembejaran IPS yang powerful dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang ditandai dengan pengalaman belajar secara kontekstual dengan karakteristik bermakna, terintegrasi, berbasis nilai, menantang, dan mengaktifkan, kurangnya bahan ajar kontekstual menjadi penyebab tidak terciptanya pembelajaran IPS yang wonderful karena pemanfaatan konten lokal belum secara optimal. Harapannya dengan materi yang memuat konten lokal, maka mempelajari mata pelajaran IPS dapat disesuaikan dengan lingkungan harus secara optimal digunakan untuk membuatnya lebih penting dan bermakna bagi peserta didik. Untuk meningkatkan pembelajaran IPS di ruang kelas, keunggulan lokal yang ada dimasyarakat harus digunakan sebagai bahan untuk belajar. Keunggulan lokal dapat berupa pengetahuan lokal yang ada dalam budaya masyarakat, satu diantara fungsinya adalah membangun identitas sehingga pembelajaran bermakna. Pembelajaran IPS membahas hubungan antara manusia dengan lingkungannya, dimana peserta didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian di masyarakat, melakukan interaksi, komunikasi dengan individu lain. Melalui buku ajar IPS Pariwisata berbasis sungai peserta didik dapat diarahkan untuk mengadopsi nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal menjadi subyek dalam mengapresiasi setiap kebudayaan dan dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Siswa dapat memahami secara mudah karena contoh yang diberikan adalah keadaan lingkungan sekitar sehingga diperoleh pembalajaran IPS berbasis kearifan lokal. Melalui buku ini diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi mata pelajaran IPS Semister satu yang memuat konsep ruang dan interaksi antarruang, unsur dan komponen peta, letak dan luas indonesia serta implikasinya terhadap aspek sosial, budaya dan ekonomi, potensi sumber daya alam serta keragaram flora dan fauna di indonesia yang disertai dengan contoh langsung secara lokal akan mudah dipahami oleh peserta didik karena berada di sekitar peserta didik sehingga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Berawal untuk meningkatkan pemahaman peserta didik akan keunggulan lokal yang ada sehingga buku ajar ini dapat diselesaikan. Berbagai pertimbangan dalam penyusunan buku ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk memahami materi lokal dan implementasinya di lapangan. Pariwisata berbasis sungai bukan saja digunakan untuk memberikan persepsi baik dalam pemanfaatan sumberdaya wisata, namun untuk melindungi sumberdaya alam agar tetap berfungsi secara berkelanjutan sekaligus juga dapat memberikan kontribusi manfaat untuk kesejahteraan masyarakat. Banjarmasin yang kaya akan sumberdaya wisata sangat membutuhkan perhatian dari berbagai pihak terkait agar bekerjasama untuk membangun dan mengembangkannya menjadi destinasi utama yang diperkenalkan sejak dini kepada peserta didik. Akhir kata penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian buku ajar ini. Semoga bermanfaat. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES en_US
dc.title Pendidikan IPS Powerful Berbasis Pariwisata Sungai en_US
dc.title.alternative Pendidikan IPS Powerful Berbasis Pariwisata Sungai en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Buku [1358]
    Repositori untuk bidang buku

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account