Repo Dosen ULM

Penyuluhan ke Orangtua Mengenai Dampak dan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Dini

Show simple item record

dc.contributor.author RACHMAH, DWI NUR
dc.date.accessioned 2022-11-04T01:13:51Z
dc.date.available 2022-11-04T01:13:51Z
dc.date.issued 2022-06-22
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25818
dc.description.abstract Usia dini merupakan periode yang sangat krusial bagi seorang anak. Khususnya pada perkembangan anak karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasanya. Perilaku bullying pada anak usia dini sering sekali diabaikan oleh orang tua bahkan guru, dengan anggapan bahwa anak usia dini belum memahami benar mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga wajar dilakukan anak usia dini. Padahal perilaku bullying ini memiliki dampak yang sangat besar terutama bagi korban, seperti depresi, rendahnya kepercayaan diri atau minder, pemalu dan penyendiri, merosotnya prestasi akademik, merasa terisolasi dalam pergaulan, terpikir atau bahkan mencoba untuk bunuh diri apabila terjadi secara terus menerus, selain itu bullying juga memiliki dampak negatif pada perkembangan karakter anak, baik bagi si korban maupun pelaku. Pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan kepada orangtua yang memiliki anak usia dini mengenai perilaku bullying dan dampaknya pada anak usia dini. Penyuluhan ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman kepada orangtua tentang perilaku bullying di usia dini. Hasil yang didapat dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah berupa penambahan wawasan pengetahuan dari peserta kegiatan mengenai perilaku bullying, dampak bullying dan faktor faktor yang dapat menyebabkan munculnya perilaku bullying pada anak. Kata Kunci: bullying, anak usia dini, penyuluhan, orangtua en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::MEDICINE::Psychiatry en_US
dc.title Penyuluhan ke Orangtua Mengenai Dampak dan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Dini en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account