Repo Dosen ULM

Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Raung Sisi Lengkung dengan Metode DrillL and Practice.

Show simple item record

dc.contributor.author Nasrina, Aziza
dc.contributor.author Santana Purba, Harja
dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2022-10-14T07:56:34Z
dc.date.available 2022-10-14T07:56:34Z
dc.date.issued 2021-02
dc.identifier.citation Nasrina, A., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice. Computing and Education Technology Journal, 1(1), 11-27. en_US
dc.identifier.issn 2830-1706
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25768
dc.description.abstract Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang tidak dapat terpisahkan dari proses pembelajaran dan berperan penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Namun, penggunaan media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran masih sangat jarang ditemui. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan metode drill and practice yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, Mathjax, X3DOM, Flash, JavaScript, JSON, dan Firebase. Uji coba dilakukan kepada 15 orang siswa SMP Negeri 13 Banjarmasin. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar validitas, angket respon dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran dinyatakan valid dengan kategori tinggi ditinjau dari penilaian validitas materi sebesar 83,73% dan validitas media sebesar 85,42%, (2) media pembelajaran tergolong praktis ditinjau dari respon guru dan respon siswa yang menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif, dan (3) media pembelajaran dikatakan efektif dalam kategori sedang ditinjau dari hasil belajar siswa dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,45. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher CETJ: Computing and Education Technology Journal en_US
dc.subject media pembelajaran interaktif en_US
dc.subject bangun ruang sisi lengkung en_US
dc.subject metode Drill and Practice en_US
dc.title Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Raung Sisi Lengkung dengan Metode DrillL and Practice. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account