Repo Dosen ULM

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII

Show simple item record

dc.contributor.author Augustin, Nara
dc.contributor.author Santana Purba, Harja
dc.contributor.author Sari, Asdini
dc.date.accessioned 2022-10-14T07:50:59Z
dc.date.available 2022-10-14T07:50:59Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.citation Augustin, N., Purba, H. S., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Statistika dengan Metode Tutorial untuk Siswa Kelas VIII VIII. Computer Science and Education Journal, 1(1), 23-34. en_US
dc.identifier.issn 2808-1900
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25762
dc.description.abstract Media merupakan saIah satu faktor penentu keberhasiIan pembeIajaran. Namun, terkadang media pembeIajaran yang digunakan guru di sekoIah kurang bervariasi dan hanya terbatas pada papan tulis, buku cetak, dan powerpoint. OIeh karena itu, pada peneIitian ini dikembangkan media pembeIajaran interaktif sebagai sebuah inovasi yang dapat diterapkan dalam pembeIajaran. Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi statistika dengan metode tutorial yang Iayak digunakan daIam proses pembeIajaran. Subjek peneIitian adaIah validator, guru, dan 13 orang siswa keIas VIII di SMPN 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan modeI pengembangan ADDIE. Desain peneIitian yang digunakan pada pembeIajaran adalah one shot case study. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Instrumen nontes berupa lembar validitas dan lembar respon digunakan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media. Teknologi yang digunakan daIam mengembangkan media pembeIajaran ini adaIah HTML, CSS, JavaScript, JSON, CanvasJS, Mathjax dan Firebase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) media dikatakan valid ditinjau dari hasil validitas materi sebesar 76,74% dengan tingkat validitas sangat tinggi dan hasil validitas media sebesar 92,97% dengan tingkat validitas sangat tinggi, (b) Hasil respon siswa dan guru sangat positif sehingga media dapat dikatakan praktis, dan (c) media dikatakan efektif ditinjau dari hasil ketuntasan kIasikaI yang mencapai 84,6%. Berdasarkan seluruh hasiI yang diperoleh tersebut, dapat disimpuIkan bahwa media pembeIajaran yang telah dikembangkan Iayak digunakan daIam pembeIajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher CSEJ: Computer Science Education Journal en_US
dc.subject media pembelajaran interaktif berbasis web en_US
dc.subject statistika en_US
dc.subject metode tutorial en_US
dc.subject ADDIE en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account