Repo Dosen ULM

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Model Drill and Practice pada Materi Suhu dan Kalor di SMP.

Show simple item record

dc.contributor.author Utami, Erliyani
dc.contributor.author Santana Purba, Harja
dc.date.accessioned 2022-10-14T07:50:48Z
dc.date.available 2022-10-14T07:50:48Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.citation Utami, E., Purba, H. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Model Drill and Practice pada Materi Suhu dan Kalor di SMP. Computing and Education Technology Journal, 2(1), 112-126. en_US
dc.identifier.issn 2830-1706
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25761
dc.description.abstract Perkembangan teknologi membuat pembelajaran lebih efektif dengan menggunakan media pembeIajaran. Media pembeIajaran yang dirancang secara interaktif dapat dijadikan saIah satu upaya untuk mengatasi kesuIitan-kesuIitan dalam pembeIajaran IPA. Oleh karena itu, peneIitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis web dengan model driII and practice pada materi suhu dan kalor. Selain melakukan pengembangan, peneIitian ini juga bertujuan menganaIisis keIayakan media pembeIajaran tersebut dengan 3 kriteria, yaitu vaIid, efektif, dan praktis. Metode peneIitian yang digunakan adalah Research and DeveIopment dengan modeI pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba pada peneIitian ini, yaitu 21 siswa keIas VII di MTsN 2 Kota Banjarmasin. Pengembangan ini menggunakan teknoIogi HTML, CSS, Javascript, MathJax, SVG, JSON, Firebase, dan NetIify. Teknik pengumpuIan data yang digunakan, yaitu wawancara, angket dan tes. Teknik anaIisis data yang digunakan adaIah teknik anaIisis statistika deskriptif. Adapun hasiI anaIisis keIayakan, diperoIeh peniIaian: (1) vaIiditas isi media pembeIajaran sebesar 85,41% dengan kategori sangat tinggi dan vaIiditas konstruk sebesar 88,75% dengan kategori sangat tinggi, (2) tingkat kepraktisan media pembeIajaran dari respon peserta didik sebesar 78,57% dengan kategori praktis dan respon guru sebesar 93,47% dengan kategori sangat praktis, (3) keefektifan media pembeIajaran dengan skor N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil anaIisis keIayakan tersebut, media pembelajaran interaktif yang teIah dikembangkan mendapatkan keIayakan karena teIah terpenuhi 3 kriteria tersebut. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher CETJ: Computing and Education Technology Journal en_US
dc.subject media pembelajaran interaktif en_US
dc.subject metode Drill and Practice en_US
dc.subject suhu dan kalor en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Model Drill and Practice pada Materi Suhu dan Kalor di SMP. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account