Repo Dosen ULM

Pemodelan dan Pemantauan Aktivitas Siswa pada Media Interaktif Pembelajaran Matematika Berkonteks Lingkungan Lahan Basah

Show simple item record

dc.contributor.author Santana Purba, Harja
dc.contributor.author Saputra, Novan Alkaf Bahraini
dc.contributor.author Sari, Delsika Pramata
dc.date.accessioned 2022-10-14T07:46:25Z
dc.date.available 2022-10-14T07:46:25Z
dc.date.issued 2022-01
dc.identifier.citation Purba, H. S., Saputra, N. A. B, & Sari, D. P. (2022) Pemodelan dan Pemantauan Aktivitas Siswa pada Media Interaktif Pembelajaran Matematika Berkonteks Lingkungan Lahan Basah. Tidak dipublikasikan en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25744
dc.description.abstract Berbagai macam sektor harus dapat beradaptasi dengan pendemi covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020, tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Keputusan pembelajaran jarak jauh yang dibuat oleh pemerintah dan instansi terkait tentu membuat pengajar untuk beradaptasi dengan pembelajaran yang interaktif. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesat telah membuka peluang dalam hal inovasi pembelajaran di sekolah. Pergeseran penggunaan buku sekolah cetak (BSC) menjadi buku sekolah elektronik telah dilakukan oleh kemdikbud belakangan ini. Secera umum akses BSE dan BSC tidak jauh berbeda, karena diakses secara statik linier. Namun interaksi pembelajaran pada BSE baru sebatas penyediaan halaman navigasi penelusuran konten dan pencarian kata kunci.Untuk itu perlunya dilakukan pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat melakukan evaluasi serta pemantauan terhadap peserta didik. Media pembelajaran interaktif ini dibangun berbasis web dimana akan disematkan metode pembelajaran interaktif dan kontekstual yang selanjutnya disebut buku elektronik interaktif (BSI). BSI membuat peserta didik dapat berinteraksi dengan sistem dan sistem dapat berperan sebagai tutor yang memberikan respon untuk dapat meningkatkan pengetahuan dari peserta didik. Selanjutnya sistem dapat melakukan pemantauan aktivitas dan kemampuan dalam menjawab pertanyaan peserta didik pada BSI. Pembelajaran kontekstual akan difokuskan pada konten yang berwawasan lahan basah sebagai bagian dari pendukung visi misi serta rencana strategi penelitian universitas lambung mangkurat. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & development). Kajian dimulai dengan menetapkan fokus gagasan, mengembangkan gagasan, membangun prototype, membangun produk dan regulasinya, dan terakhir peluncuran produk. Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini adalah prorotype media pembelajaran interaktif, artikel yang dipublikasikan pada jurna linternasional terindeks, hak cipta, bahan ajar, video kegiatan penelitian dan poster kegiatan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject media pembelajaran interaktif en_US
dc.subject Lahan Basah en_US
dc.subject pemantauan peserta didik en_US
dc.title Pemodelan dan Pemantauan Aktivitas Siswa pada Media Interaktif Pembelajaran Matematika Berkonteks Lingkungan Lahan Basah en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account