dc.description.abstract |
Sejak bulan Maret 2020, Pemerintah melalui Mendikbud telah menetapkan kebijakan untuk
melaksanaan pembelajaran secara online atau secara jarak jauh untuk semua jenjang
pendidikan. Kebijakan ini tentu tidak luput dari berbagai kendala baik bagi guru maupun bagi
siswa. Salah satu kendala yang dihadapi guru adalah dalam melaksanakan penilaian, khususnya
pada aspek sikap. Untuk mengetahui kendala tersebut, perlu dilakukan penelitian yang
mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Keabsahan data dilakukan melalui
triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan
pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa semua guru mengatakan bahwa penilaian sikap merupakan penilaian yang
sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu walaupun pembelajaran dilaksanakan secara
on line,namun semua responden tetap melaksanakannya. Kendala yang dihadapi guru dalam
melaksanakan penilaian sikap saat pembelajaran on line adalah: terbatasnya waktu untuk
melaksanakan penilaian, jumlah siswa yang banyak, komponen yang dinilai banyak dan
terbatasnya sarana teknologi informasi yang dimiliki siswa
.
Kata kunci: penilaian sikap, kendala, pembelajaran online |
en_US |