Repo Dosen ULM

IMPLEMENTASI KESELARASAN KONSTRUKTIF : KESELARASAN TUJUAN KOMPETENSI AKUNTANSI GLOBAL

Show simple item record

dc.contributor.author Hifni, Syaiful
dc.contributor.author Sayudi, Akhmad
dc.contributor.author Hayat, Atma
dc.contributor.author Wijaya, Rano
dc.date.accessioned 2022-08-24T01:07:10Z
dc.date.available 2022-08-24T01:07:10Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25267
dc.description.abstract Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan informasi tentang tingkat implementasi capaian pembelajaran mata kuliah akuntansi, dalam keselarasan tujuan kompetensi akuntansi nasional dengan global. Studi implementasi keselarasan konstruktif dari model kurikulum "OBE" dilakukan pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan variabel independen, penilaian capaian pembelajaran mata kuliah, dengan 5 (lima) dimensi kompetensi, dan variabel dependen, keselarasan tujuan kompetensi akuntansi nasional dengan global, dengan 2 (dua) dimensi kinerja pencapaian. Data dikumpulkan melalui 120 (seratus dua puluh) responden mahasiswa, sesuai dengan tingkat pendidikan mereka, termasuk 3 (tiga) responden responden dari lulusan pendidikan profesi akuntansi, lulusan magister akuntansi, dan lulusan doktor akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat statistik non-parametrik, analisis chi square dan koefisien kontinjensi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan frekuensi pengamatan (fo) dengan nilai 163,43. Kemudian, untuk frekuensi yang diharapkan (fe), dengan derajat kebebasan (5-1) (7-1) pada tingkat signifikansi 0,05, tabel chi square menunjukkan nilai 36,42. Hasil ini menunjukkan, tingkat implementasi capaian pembelajaran mata kuliah akuntansi memberikan perbedaan dalam pencapaian keselarasan tujuan kompetensi akuntansi nasional dengan tujuan kompetensi akuntansi global. Tingkat hubungan dalam implementasi memiliki koefisien kontinjensi Pearson 0,4037. Sesuai dengan Aturan Guilford empiris, koefisien ini menunjukkan "korelasi sedang". Hasil penelitian ini dapat memberikan sedikit peran bagi akademisi, yaitu, bersama dengan pelaksanaan siklus evaluasi untuk setiap semester, dilakukan sesuai dengan keselarasan konstruktif, dengan persyaratan dan tujuan kurikulum akuntansi berbasis kompetensi. Namun, karena apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan tujuan kompetensi akuntansi adalah masalah yang kompleks dan luas. Ke depan, relevan untuk mempertimbangkan kebijakan pelembagaan, dengan orientasi dan adopsi keselarasan konstruktif dari model kurikulum OBE. Namun, studi yang lebih komprehensif diperlukan sebagai pembenaran untuk - kebijakan ini. en_US
dc.publisher SNA XXIII, Virtual 2020 Jambi en_US
dc.subject keselarasan konstruktif, tujuan kompetensi akuntansi, kompetensi akuntansi nasional, kompetensi akuntansi global en_US
dc.title IMPLEMENTASI KESELARASAN KONSTRUKTIF : KESELARASAN TUJUAN KOMPETENSI AKUNTANSI GLOBAL en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account