dc.contributor.author |
Augustin, Nara |
|
dc.contributor.author |
Santana Purba, Harja |
|
dc.contributor.author |
Sari, Asdini |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-18T00:06:37Z |
|
dc.date.available |
2022-08-18T00:06:37Z |
|
dc.date.issued |
2021-06 |
|
dc.identifier.citation |
Augustin, N., Purba, H. S., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Statistika dengan Metode Tutorial untuk Siswa Kelas VIII VIII. Computer Science and Education Journal, 1(1), 23-34. |
en_US |
dc.identifier.issn |
2808-1900 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25192 |
|
dc.description.abstract |
Media merupakan saIah satu faktor penentu keberhasiIan pembeIajaran. Namun, terkadang media pembeIajaran yang digunakan guru di sekoIah kurang bervariasi dan hanya terbatas pada papan tulis, buku cetak, dan powerpoint. OIeh karena itu, pada peneIitian ini dikembangkan media pembeIajaran interaktif sebagai sebuah inovasi yang dapat diterapkan dalam pembeIajaran. Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi statistika dengan metode tutorial yang Iayak digunakan daIam proses pembeIajaran. Subjek peneIitian adaIah validator, guru, dan 13 orang siswa keIas VIII di SMPN 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan modeI pengembangan ADDIE. Desain peneIitian yang digunakan pada pembeIajaran adalah one shot case study. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Instrumen nontes berupa lembar validitas dan lembar respon digunakan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media. Teknologi yang digunakan daIam mengembangkan media pembeIajaran ini adaIah HTML, CSS, JavaScript, JSON, CanvasJS, Mathjax dan Firebase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) media dikatakan valid ditinjau dari hasil validitas materi sebesar 76,74% dengan tingkat validitas sangat tinggi dan hasil validitas media sebesar 92,97% dengan tingkat validitas sangat tinggi, (b) Hasil respon siswa dan guru sangat positif sehingga media dapat dikatakan praktis, dan (c) media dikatakan efektif ditinjau dari hasil ketuntasan kIasikaI yang mencapai 84,6%. Berdasarkan seluruh hasiI yang diperoleh tersebut, dapat disimpuIkan bahwa media pembeIajaran yang telah dikembangkan Iayak digunakan daIam pembeIajaran. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
CSEJ: Computer Science and Educational Journal |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
1;1 |
|
dc.subject |
media pembelajaran interaktif berbasis web |
en_US |
dc.subject |
metode tutorial |
en_US |
dc.subject |
statistika |
en_US |
dc.subject |
ADDIE |
en_US |
dc.title |
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII. |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |