Repo Dosen ULM

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Santana Purba, Harja
dc.contributor.author Lismayanty, Lia
dc.date.accessioned 2022-08-18T00:02:42Z
dc.date.available 2022-08-18T00:02:42Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.citation Purba, H. S., & Lismayanty, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). en_US
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25180
dc.description.abstract Berdasarkan wawancara dari guru matematika di SMP Negeri 15 Banjarmasin menyatakan terdapat beberapa siswa kelas VII yang rata-rata hasil belajar nya masih rendah. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang memiliki tujuan memperoleh perbedaan antara hasil belajar mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan hasil belajar siswa mengunakan pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika. Peneliti memakai metode kuasi eksperimen dengan populasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling bertujuan (purpossive sampling), yaitu memilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas VII G sebagai kontrol dengan memakai pembelajaran langsung. Teknik yang digunakan yaitu tes, dan dokumentasi. Analisis statistik data digunakan statistik deskriptif yang terdiri dari rata-rata dan perhitungan persentase, sedangkan statistik inferensial terdapat dari uji normalitas, uji homogenitas, uji t. Hasil yang diteliti memberikan kalau ada perbedaan signifikan yang antara rata-rata hasil belajar peserta didik yang belajar dengan memakai model pembelajaran TAI juga rata-rata hasil belajar peserta didik dengan memakai pembelajaran langsung en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher EDU-MAT, Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries 5;2
dc.subject model pembelajaran kooperatif tipe TAI en_US
dc.subject pembelajaran langsung en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account