Repo Dosen ULM

Turnitin artikel : Pemanfaatan Limbah Sasirangan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Literasi Ilmiah dan Hasil Belajart Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Materi Koloid

Show simple item record

dc.contributor.author Sa'diah, Noor
dc.contributor.author Sholahuddin, Arif
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.date.accessioned 2022-08-08T01:22:15Z
dc.date.available 2022-08-08T01:22:15Z
dc.date.issued 2022-04-01
dc.identifier.issn e-ISSN : 2613-9782
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25074
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pemanfaatan limbah sasirangan sebagai sumber belajar pada materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan literasi ilmiah antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dan (3) respon siswa terhadap penerapan model Group Investigation (GI) pada materi koloid. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Terdapat dua variabel penelitian yaitu model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pemanfaatan limbah sasirangan sebagai sumber belajar sebagai variabel bebas, literasi sains dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Kelas eksperimen menerapkan model Group Investigation (GI) dengan pemanfaatan limbah sasirangan sebagai sumber belajar, sedangkan kelas kontrol menerapkan model konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan literasi ilmiah yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 86,48 dan kelas kontrol dengan rata-rata 68,57, (2) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dengan persentase ketuntasan 82,85 % dan kelas kontrol dengan persentase ketuntasan 71,43 %, (3) model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pemanfaatan limbah sasirangan sebagai sumber belajar mendapat respon positif dari siswa pada materi koloid dengan rata-rata respon siswa 42,57 yang termasuk kategori sangat baik. en_US
dc.publisher Jurnal of Chemistry and Education, JCAE en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 5 No 3;report
dc.subject group Investigation literasi ilmiah hasil belajar en_US
dc.title Turnitin artikel : Pemanfaatan Limbah Sasirangan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Literasi Ilmiah dan Hasil Belajart Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Materi Koloid en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account