dc.contributor.author |
Sholihah, A |
|
dc.contributor.author |
Mahdian, Mahdian |
|
dc.contributor.author |
Kusasi, Muhammad |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-08T01:21:47Z |
|
dc.date.available |
2022-08-08T01:21:47Z |
|
dc.date.issued |
2021-12-01 |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN : 2613-9782 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25072 |
|
dc.description.abstract |
Telah selesai dilakukan penelitian penerapan CORE berbantuan mind mapping pada materi hidrolisis garam. Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) motivasi siswa, (4) hasil belajar siswa kelas XI SMA PGRI 1
Banjarmasin dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini adalan penelitian PTK yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi, serta analisis dan refleksi pada masing-masing siklus I dan II. Subjek
penelitian adalah siswa kelas XI SMA PGRI 1 Banjarmasin dengan jumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes hasil belajar dan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriftif kuantitatif dan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian
menunjukkan (1) terjadi peningkatan aktivitas guru pada siklus I berkategori cukup baik meningkat menjadi baik pada siklus II, (2) terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I kategori cukup aktif meningkat menjadi aktif pada siklus II, (3) terjadi peningkatan
motivasi belajar siswa dari kategori cukup tinggi ke kategori tinggi pada siklus I ke siklus II (4) terjadi peningkatan persentase hasil belajar kognitif siswa dari 40% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II dengan rata-rata sebesar 68,0 (sedang) menjadi 79,3
(tinggi) dari seluruh siswa serta siswa memberikan respon yang positif sebesar 93,3% terhadap pembelajaran. |
en_US |
dc.publisher |
Jurnal of Chemistry and Education, JCAE |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 5 No 2;report |
|
dc.subject |
model pembelajaran CORE motivasi belajar siswa hasil belajar siswa mind mapping hidrolisis garam |
en_US |
dc.title |
Turnitin artikel : Penerapan ModelPembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Hidrolisis Garam |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |