Repo Dosen ULM

Turnitin artikel : Implementasi Metode Pembelajaran Ideal Problem Solving Berdasarkan Gaya Kognitif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin pada Materi Minyak Bumi

Show simple item record

dc.contributor.author Al Amin, Muhammad
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.contributor.author Sholahuddin, Arif
dc.date.accessioned 2022-08-08T01:16:56Z
dc.date.available 2022-08-08T01:16:56Z
dc.date.issued 2015-04-01
dc.identifier.issn e-ISSN : 2550-0716
dc.identifier.issn p-ISSN : 2086-7328
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25056
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan metode pembelajaran Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, dan Look back and evaluate the effect (IDEAL) Problem Solving dan siswa yang belajar dengan metode konvensional berdasarkan gaya kognitif pada materi Minyak Bumi. Metode penelitian adalah kuasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin tahun ajaran 2012/2013.Sampel ditentukan secara purposive random sampling sebanyak 2 kelas dari 7 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan analisis deskriptif. Uji t digunakan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang belajar dengan metode pembelajaran IDEAL Problem Solving dan siswa yang belajar dengan metode konvensional berdasarkan gaya kognitif pada materi Minyak Bumi dan gaya kognitif berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. en_US
dc.publisher Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 6 No 1;report
dc.subject ideal problem solving, gaya kognitif, field independent (FI), field dependent (FD), keterampilan berpikir kritis, minyak bumi. en_US
dc.title Turnitin artikel : Implementasi Metode Pembelajaran Ideal Problem Solving Berdasarkan Gaya Kognitif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin pada Materi Minyak Bumi en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account