dc.contributor.author |
Al Amin, Muhammad |
|
dc.contributor.author |
Mahdian, Mahdian |
|
dc.contributor.author |
Sholahuddin, Arif |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-08T01:16:56Z |
|
dc.date.available |
2022-08-08T01:16:56Z |
|
dc.date.issued |
2015-04-01 |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN : 2550-0716 |
|
dc.identifier.issn |
p-ISSN : 2086-7328 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25056 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan metode pembelajaran Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, dan Look back and evaluate the effect (IDEAL) Problem Solving dan siswa yang belajar dengan metode konvensional berdasarkan
gaya kognitif pada materi Minyak Bumi. Metode penelitian adalah kuasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin tahun ajaran 2012/2013.Sampel ditentukan secara purposive random sampling sebanyak 2 kelas dari 7 kelas. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan analisis deskriptif. Uji t digunakan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang belajar dengan metode pembelajaran IDEAL Problem Solving dan siswa yang belajar dengan metode konvensional berdasarkan gaya kognitif pada materi Minyak Bumi dan gaya kognitif berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. |
en_US |
dc.publisher |
Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 6 No 1;report |
|
dc.subject |
ideal problem solving, gaya kognitif, field independent (FI), field dependent (FD), keterampilan berpikir kritis, minyak bumi. |
en_US |
dc.title |
Turnitin artikel : Implementasi Metode Pembelajaran Ideal Problem Solving Berdasarkan Gaya Kognitif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin pada Materi Minyak Bumi |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |