dc.contributor.author |
Aan, Hasanah |
|
dc.contributor.author |
Mahdian, Mahdian |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-08T01:16:38Z |
|
dc.date.available |
2022-08-08T01:16:38Z |
|
dc.date.issued |
2013-04-01 |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN : 2550-0716 |
|
dc.identifier.issn |
p-ISSN : 2086-7328 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/25055 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kognitif dalam meningkatkan hasil belajar yang memiliki perbedaan kognitif (2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dan (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2011/2012 . Jenis penelitiannya adalah quasi experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel ditentukan secara purposive sampling yang menggunakan 2
kelas dari 4 kelas. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan SETS dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada materi reaksi redoks, (2) aktivitas belajar siswa yang menggunakan pendekatan SETS membuat siswa lebih aktif
dibandingkan dengan aktivitas siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi reaksi redoks, (3) siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan pendekatan SETS dalam pembelajaran. |
en_US |
dc.publisher |
Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 4 No 1;report |
|
dc.subject |
Pendekatan SETS, hasil belajar kognitif, reaksi oksidasi reduksi |
en_US |
dc.title |
Turnitin artikel : Penerapan Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |