Repo Dosen ULM

Turnitin Artikel: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTIONCONNECT-APPLY-REFLECT-EXTEND) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Show simple item record

dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.date.accessioned 2022-08-04T05:35:06Z
dc.date.available 2022-08-04T05:35:06Z
dc.date.issued 2019-01-13
dc.identifier.issn 2407-795X
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24987
dc.description Turnitin Artikel en_US
dc.description.abstract Penelitian tentang implementasi model pembelajaran ICARE (Introduction-ConnectApply-Reflect-Extend) terhadap keterampilan proses sains dibandingkan dengan model pembelajaran DI (Direct Instruction). Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas X MIPA SMAN 4 Banjarmasin dengan sampel sebanyak 2 kelas dipilih dengan cluster random sampling, X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes uraian dan non tes berupa observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung yang lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 0,05, yaitu 5,9 > 2,0 artinya terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ICARE dibandingkan dengan model pembelajaran DI. Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai gain sebesar 0,61 berada pada kategori sedang dan pada kelas kontrol memperoleh nilai gain sebesar 0,40 berada pada kategori sedang. en_US
dc.publisher Pascasarjana Universitas Mataram en_US
dc.relation.ispartofseries 5;1
dc.subject ICARE, science process skill, electrolyte and non electrolyte solution en_US
dc.title Turnitin Artikel: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTIONCONNECT-APPLY-REFLECT-EXTEND) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account