Repo Dosen ULM

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL QUICK ON THE DRAW

Show simple item record

dc.contributor.author Damayanti, Rossyda Rahma
dc.contributor.author Zulkarnain, Iskandar
dc.contributor.author Sari, Asdini
dc.date.accessioned 2022-07-26T02:47:54Z
dc.date.available 2022-07-26T02:47:54Z
dc.date.issued 2020-04
dc.identifier.citation Model pembelajaran adalah rencana yang akan digunakan oleh pendidik untuk dapat digunakan dalam merancang bebe- rapa sistem ataupun materi ajar yang dapat membimbing siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas (Aunurrahman, 2014). en_US
dc.identifier.issn 2338-2759
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24886
dc.description.abstract Kemampuan komunikasi matematis dalam proses pembelajaran sangat diperlukan oleh siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan ini yaitu melaksanakan model pembelajaran Quick on the Draw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran dengan model Quick on The Draw di SMPN 3 Banjarmasin, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran dengan pem- belajaran langsung di SMPN 3 Banjarmasin, (3) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran antara menerapkan model Quick On The Draw dengan pembelajaran langsung di SMPN 3 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan the static-Group Comparison. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIIIG dan VIIIH. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan tes evaluasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 3 Banjarmasin yang diajar dengan model pembelajaran Quick on the Draw dan model pembelajaran langsung. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model Quick on the Draw berada pada kategori baik, sedangkan dengan model pembelajaran langsung berada pada kategori cukup. en_US
dc.publisher EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 8;Nomor 1
dc.subject Kemampuan komunikasi matematis en_US
dc.subject quick on the draw en_US
dc.subject pembelajaran langsung en_US
dc.title KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL QUICK ON THE DRAW en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account