Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENUMBUHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XII

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Asdini
dc.contributor.author Karim
dc.contributor.author Danaryanti, Agni
dc.contributor.author Arrasyid, Maulana Fatiehurrizqie
dc.date.accessioned 2022-07-26T02:47:19Z
dc.date.available 2022-07-26T02:47:19Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.citation Penelitian terdahulu yang mengem- bangkan soal matematika berbasis konflik kognitif diantaranya telah dilakukan oleh Fraser (2007) dan Kabaca et al. (2011). en_US
dc.identifier.issn 2338-2759
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24883
dc.description.abstract Berdasarkan Kurikulum 2013 perlunya mengembangkan soal matematika berbasis konflik kognitif untuk siswa SMA. Informasi yang diperoleh dari sekolah adalah, ketersediaan soal matematika yang memenuhi karakteristik konflik kognitif pada buku pegangan siswa sangat sulit ditemukan. Kondisi seperti ini menuntut untuk dilakukannya penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat soal matematika berbasis konflik kognitif untuk menumbuhkan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengembangkan soal matematika berbasis konflik kognitif untuk menumbuhkan berpikir kritis siswa SMA. Sebagai prototipe, materi matematika yang dikembangkan adalah materi SMA kelas XI. Pengembangan soal matematika berbasis konflik kognitif ini menggunakan model 4 D. Untuk keperluan uji coba soal, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 5 Banjarmasin. Hasil penelitian ini adalah tujuh soal Matematika berbasis konflik kognitif tersebut telah divalidasi oleh validator dan telah diujicobakan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil validasi dan ujicoba keterbacaan dan keefektifan jawaban siswa, maka soal matematika yang dikembangkan dapat dikatakan menumbuhkan bepikir kritis siswa SMA. en_US
dc.publisher EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 9;Nomor 2
dc.subject Soal Matematika en_US
dc.subject Konfik Kognitif en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Siswa SMA en_US
dc.title PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENUMBUHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XII en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account