Repo Dosen ULM

PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MENGGUNAKAN PERMASALAHAN OPEN-ENDED

Show simple item record

dc.contributor.author Amalia, Nadya Rizky
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Sari, Asdini
dc.date.accessioned 2022-07-26T02:46:44Z
dc.date.available 2022-07-26T02:46:44Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.issn 2338-2759
dc.identifier.issn 2597-9051
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24880
dc.description.abstract Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan pada zaman sekarang adalah berpikir kreatif. Kenyataannya, siswa enggan menyampaikan penyelesaian selain yang dicontohkan oleh guru ketika diberi masalah. Salah satu pendekatan yang dirancang dengan melibatkan siswa langsung untuk menyampaikan alternatif- alternatif jawaban dalam menyelesaikan masalah adalah Pendekatan Scientific Berbasis Masalah Open-Ended. Penelitian ini ditujukan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas yang diterapkan pendekatan scientific berbasis masalah open-ended, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas yang diterapkan pendekatan scientific, dan (3) menganalisis pengaruh pendekatan scientific terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan permasalahan open-ended. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment Design dengan teknik purposive sampling. Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas 8 SMP Negeri 14 Banjarmasin, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII-D dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang dianalisis menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan pendekatan scientific berbasis masalah open-ended di SMP Negeri 14 Banjarmasin berada pada tingkat cukup kreatif, (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan pendekatan scientific di SMP Negeri 14 Banjarmasin berada pada tingkat kurang kreatif, dan (3) Pendekatan scientific dengan menggu- nakan masalah open-ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Banjarmasin. en_US
dc.publisher EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 7;Nomor 2
dc.subject Kemampuan berpikir kreatif en_US
dc.subject pendekatan scientific en_US
dc.subject masalah open- ended. en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MENGGUNAKAN PERMASALAHAN OPEN-ENDED en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account