Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Show simple item record

dc.contributor.author Hisni, Muhammad
dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Sari, Asdini
dc.date.accessioned 2022-07-26T02:44:52Z
dc.date.available 2022-07-26T02:44:52Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.citation Etnomatematika bisa dipahami sebagai kajian yang mengaitkan matematika dengan segi sosial serta konteks budaya, yakni kajian yang menyatakan seperti apa matematika itu diwujudkan, dipindahkan, dibagikan, dan terpilih dalam beragam teknik prosedur budaya (Zhang & Zhang, 2010). en_US
dc.identifier.issn 2797-8435
dc.identifier.issn 2797-829X
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24871
dc.description Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta, 2(1): 23-30. en_US
dc.description.abstract Upaya menumbuhkan sikap menghargai dan menjunjung tinggi arti kebudayaan bisa dengan melaui proses pendidikan. Kebudayaan bisa ditanamkan dengan melalui pembelajaran matematika, akan tetapi yang menjadi jembatan antara matematika dan budaya yaitu etnomatematika. Oleh karena itu, dilakukan penelitian berupa pengembangan yang pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomamatika budaya Banjar yang valid. Merangsang peserta didik agar menjadi lebih aktif saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran maka dari itu diperlukan suatu inovasi agar pembelajaran terkesan menarik dalam suatu kegiatan pembelajaran yaitu dengan menyediakan suatu perangkat pembelajaran yang inovatif. Menyedikan perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya Banjar merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Pengkajian pengembangan yang dilaksanakan adalah pengembangan LKPD matematika berbasis etnomatematika budaya Banjar materi bangun ruang sisi datar SMPN kelas VIII. Pengkajian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang dilakukan dengan empat tahap, diantaranya tahap investigasi awal, perancangan, realisasi/konstruksi,tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahap tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji kevaliditasan oleh tiga validator/dosen ahli. LKPD tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif berupa Intrumen validasi pakar yang di gunakan yang berisikan jawaban dengan skor/penilaian yang bervariasi. Wujud yang telah dihasikan daril uji validitas untuk perangkat pembelajaran berupa LKPD yang sudah dikembangkan menunjukkan LKPD tersebut mencapai kriteria valid. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa LKPD berbasis etnomatematika budaya Banjar SMPN yang valid. en_US
dc.publisher Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika) en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 2;Nomor 1
dc.subject pengembangan en_US
dc.subject LKPD en_US
dc.subject etnomatematika en_US
dc.subject budaya Banjar en_US
dc.subject bangun ruang sisi datar en_US
dc.title PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account