Repo Dosen ULM

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Wulandari, Dyah Ayu
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Sari, Asdini
dc.date.accessioned 2022-07-26T02:44:16Z
dc.date.available 2022-07-26T02:44:16Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.citation penelitian yang dilakukan oleh Dirgantoro dalam (Silitonga, 2015) menyimpulkan bahwa pada siswa SMP pemecahan masalah dalam mata pelajaran matematika masih berkemampuan rendah. en_US
dc.identifier.issn 2797-8435
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24869
dc.description Artikel Wulandari, D.A., Fajriah, N., & Sari, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurmadikta, 1(1): 41-48. en_US
dc.description.abstract Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan pokok bagi siswa dalam pembelajaran matematika. Tetapi, rata-rata siswa tidak terbiasa mengerjakan soal pemecahan masalah dan kesulitan dalam memahami soal. Model pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa mendiskusikan permasalahan dari sebuah soal dan mencari strategi penyelesaian untuk memecahkan sebuah masalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe RTE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Eksperimen kuasi adalah metode yang diterapkan dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, sehingga diperoleh dua kelas yang menjadi sampel dimana kelas kontrol di kelas VIII C dan kelas eksperimen di kelas VIII G. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa: model pembelajaran RTE tidak ditemukan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal tersebut bahwa kualifikasi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis yang pembelajarannya mengaplikasikan model pembelajaran langsung dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis yang pembelajarannya mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe RTE sama-sama pada kualifikasi cukup en_US
dc.publisher Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 1;Nomor 1
dc.subject kemampuan pemecahan masalah en_US
dc.subject rotating trio exchange en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account