dc.contributor.author |
Muliyati, Muliyati |
|
dc.contributor.author |
Ansori, Hidayah |
|
dc.contributor.author |
Suryaningsih, Yuni |
|
dc.date.accessioned |
2022-07-04T00:50:32Z |
|
dc.date.available |
2022-07-04T00:50:32Z |
|
dc.date.issued |
2021-03-15 |
|
dc.identifier.citation |
Muliyati, Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VII. Jurmadikta. 1(1), 19-28. |
en_US |
dc.identifier.issn |
p-ISSN: 2797-829X |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN: 2797-8435 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24775 |
|
dc.description.abstract |
Siswa pada saat sekarang ini sudah seharusnya memiliki kemampuan
berpikir tingkat tinggi. Akan tetapi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih
kurang hal ini dikarenakan masih banyak siswa kurang menguasai konsep dasar
materi yang diajarkan guru, dan masih kurangnya kesadaran siswa untuk belajar
matematika. Model pembelajaran berbasis pemecahan masalah diperlukan agar
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat berkembang. Salah satu model
pembelajaran berbasis masalah adalah Means Ends Analysis (MEA). Penelitian ini
bertujuan (1) mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMP
Negeri 13 Banjarmasin yang pembelajarannya mengaplikasikan model pembelajaran
MEA, (2) mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin yang
pembelajarannya mengaplikasikan pembelajaran konvensional dalam berpikir tingkat
tinggi, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA terhadap kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent posttest-only
control .Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 13
Banjarmasin dengan sampel yang diambil dengan teknik purposive random sampling.
Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi serta tes. Hasil penelitian
memperlihatkan bahwa (1) siswa yang belajar dengan mengaplikasikan model
pembelajaran MEA kemampuan berpikir tingkat tingginya berada pada kualifikasi
cukup, (2) siswa yang belajar dengan mengaplikasikan model pembelajaran
konvensional kemampuan berpikir tingkat tingginya berada pada kualifikasi kurang,
dan (3) model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berpengaruh pada
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.subject |
berpikir tingkat tinggi, model means ends analysis, model pembelajaran konvensional |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VII |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |