Repo Dosen ULM

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Berbasis Masalah Matematika Kontekstual dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Menengah Pertama Kelas VII

Show simple item record

dc.contributor.author Garini, Alya Desma
dc.contributor.author Karim, Karim
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:50:05Z
dc.date.available 2022-07-04T00:50:05Z
dc.date.issued 2021-11-02
dc.identifier.citation Desma, A. G, Karim., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Berbasis Masalah Matematika Kontekstual dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah pada Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jurmadikta, 1(3): 1-9. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/966 en_US
dc.identifier.issn 2797-829X (print)
dc.identifier.issn 2797-8435 (online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24772
dc.description Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan LKPD materi aritmatika sosial berbasis masalah matematika kontekstual dengan konteks lingkungan lahan basah dengan kriteria valid melalui proses pengembangan. Rata-rata kevalidan dari seluruh aspek yang dinilai sebesar 3,33 dengan kategori valid. Dengan demikian, LKPD yang dihasilkan memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD materi aritmatika sosial berbasis lingkungan lahan basah menunjukan suatu hal yang untuk diperhatikan. Sehingga peneliti menyarankan bahwa pengembangan LKPD berbasis lingkungan lahan basah ini hendaknya dapat diujicobakan kepada kelompok besar maupun kelompok kecil agar diperoleh kualitas bahan ajar berupa LKPD lebih baik lagi dan sebaiknya LKPD yang dihasilkan untuk materi ajar lainnya supaya dapat menjadikan peserta didik lebih aktif selama proses belajar mengajar. en_US
dc.description.abstract Masih kurangnya pengetahuan peserta didik tentang hubungan lingkungan lahan basah dengan matematika, maka diperlukan adanya suatu perubahan untuk menjadikan kegiatan belajar mengajar yang bermakna dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pengamatan peneliti, LKPD yang digunakan di sekolah materinya belum ada yang berkaitan dengan lingkungan lahan basah. Peserta didik hanya mengerjakan soal-soal latihan tanpa pemahaman konsep tentang penggunaan matematika secara kontekstual khususnya dalam konteks lingkungan lahan basah. Menyediakan LKPD yang dapat digunakan guru maupun peserta didik merupakan solusi dari permasalahan ini. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD materi aritmatika sosial berbasis masalah matematika kontekstual dengan konteks lingkungan lahan basah pada sekolah menengah pertama kelas VII yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yaitu fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi/kontruksi, dan fase tes, evaluasi dan revisi. Pada fase tes, evaluasi dan revisi dilakukan uji validitas oleh tiga validator. Hasil uji validitas pada LKPD yang dikembangkan mendapatkan kategori valid. Sehingga, dihasilkan LKPD materi aritmatika sosial berbasis masalah matematika kontekstual dengan konteks lingkungan lahan basah pada sekolah menengah pertama kelas VII yang valid. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject pengembangan, LKPD, aritmatika sosial, lingkungan lahan basah, matematika kontekstual en_US
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Berbasis Masalah Matematika Kontekstual dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Menengah Pertama Kelas VII en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account