dc.contributor.author |
Ramadhani, Ramadhani |
|
dc.contributor.author |
Ansori, Hidayah |
|
dc.contributor.author |
Suryaningsih, Yuni |
|
dc.date.accessioned |
2022-07-04T00:49:42Z |
|
dc.date.available |
2022-07-04T00:49:42Z |
|
dc.date.issued |
2021-11-02 |
|
dc.identifier.citation |
Ramadhani., Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTS Pada Materi Lingkaran. Jurmadikta, 1(2): 71-81. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/974 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2797-829X (print) |
|
dc.identifier.issn |
2797-8435 (online) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24768 |
|
dc.description |
Penelitian ini menghasilkan produk berupa 5 paket soal, di mana setiap paket soal terdiri
dari 5 butir soal lengkap dengan kisi-kisi dan pendoman penskorannya yang berbasis HOTS yang sangat valid sebagai instrumen pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa yang dilihat dari penilaian dosen ahli. Berdasarkan hasil penelitian yang dsudah dijelaskan, peneliti mencoba menyampaikan saran diantaranya yaitu, untuk penelitian berikutnya, produk yang dikembangkan diharapkan dapat diuji cobakan ke sekolah. Agar data yang didapatkan lebih lengkap dan soal yang disusun dapat lebih dipertanggungjawabkan, sehingga dapat disesuaikan dengan karakter siswa, sehingga
dapat digunakan sebagai bahan evaluasi di sekolah. Kemudian Untuk pengukuran kemampuan berpikir, diharapkan dapat dilakukan pengukuran terhadap kemampuan berpikir tersebut agar dapat dijadikan sebagai alat ukur siswa dalam mengenali kemampuan berpikirnya |
en_US |
dc.description.abstract |
Pada abad 21 ini, siswa diharuskan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Pentingnya Kemampuan berpikir tingkat tinggi terlihat dari upaya pemerintah mengintegrasikan pembelajaran dengan penguatan pendidikan karakter, literasi, pembelajaran abad 21 yang diistilahkan dengan 4C, dan HOTS yang di muat dalam kurikulum 2013 revisi 2019. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk menyusun soal berbasis HOTS yang valid sehingga menghasilkan instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Formatif Research menurut Tessmer. Teknik analisis data yang dipakai yaitu, analisis kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan soal. Kevalidan soal dalam pengembangan ini diambil dari hasil validitas oleh tiga orang dosen ahli. Hasil dari pengembangan ini
berupa soal yang terdiri dari 5 paket dengan masing-masing paket berisikan 5 butir soal berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Soal yang dihasilkan mengambil pokok bahasan lingkaran untuk kelas VIII SMP/MTs. Berdasarkan hasil analisis validitas oleh dosen ahli diambil kesimpulan bahwa butir soal yang disusun adalah butir soal yang sangat valid. |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin |
en_US |
dc.subject |
Soal, HOTS, berpikir kritis, lingkaran |
en_US |
dc.title |
Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Lingkaran |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |