Repo Dosen ULM

Efektivitas Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMK

Show simple item record

dc.contributor.author Rahman, Devi Yuliati
dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:49:30Z
dc.date.available 2022-07-04T00:49:30Z
dc.date.issued 2021-06-14
dc.identifier.citation Rahman, D. Y., Fajriah, N., & Suryaningsih. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMK. Jurmadikta, 1(2): 11-20. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/794 en_US
dc.identifier.issn 2797-829X (print)
dc.identifier.issn 2797-8435 (online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24766
dc.description Simpulan Adapun setelah penelitian yang dilakukan maka bisa ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut. (1) Kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran CORE termasuk ke dalam kriteria sangat baik. (2) Kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran langsung termasuk ke dalam kriteria baik. (3) Model pembelajaran CORE efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika. en_US
dc.description.abstract Tujuan sekolah mengajarkan matematika antara lain agar siswa mempunyai kemampuan pemahaman terhadap konsep matematika. Salah satu solusi untuk mengembangkan kemampuan tersebut ialah melalui diterapkannya model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran CORE, (2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran langsung, dan (3) menganalisis apakah model pembelajaran CORE efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu eksperimen semu, dimana seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Banjarmasin sebagai populasinya. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga diambil dua kelas XI C Akuntansi sebagai kelas eksperimen dan XI A Akuntansi sebagai kelas kontrol. Adapun untuk pengumpulan data menggunakan teknik berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisisnya menggunakan statistika deskriptif maupun inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran CORE termasuk ke dalam kriteria sangat baik, (2) kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran langsung termasuk ke dalam kriteria baik, dan (3) model pembelajaran CORE efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject model pembelajaran CORE; efektivitas, kemampuan pemahaman konsep en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMK en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account