Repo Dosen ULM

Penerapan Model Course Review Horay dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Kerja Keras dan Komunikatif Siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Sholehah, Noor Annisah
dc.contributor.author Pasani, Chairil Faif
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:49:19Z
dc.date.available 2022-07-04T00:49:19Z
dc.date.issued 2021-03-23
dc.identifier.citation http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/725 en_US
dc.identifier.issn 2797-829X (print)
dc.identifier.issn 2797-8435 (online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24764
dc.description Beracuan dari hasil penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin maka diperoleh kesimpulan, diantaranya adalah: Penerapan model pembelajaran CRH dapat membina karakter kerja keras dan komunikatif siswa serta memperbaiki hasil belajarnya. Terdapat hubungan yang kuat antara karakter kerja keras dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa di kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Beracuan hasil serta kesimpulan, dipaparkan saran-saran diantaranya adalah: guru hendaknya mengaplikasikan model pembelajaran Course Review Horay sebagai alternatif pilihan model pembelajaran untuk membina karakter kerja keras dan komunikatif siswa dalam pembelajaran matematika. en_US
dc.description.abstract Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) ialah model pembelajaran koperatif dimana siswa dilatih untuk bekerjasama dengan kelompoknya untuk memudahkan siswa bertanya dan berkomunikasi. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk (1) mengetahui apakah penerapan model CRH dapat membina karakter kerja keras siswa dalam pembelajaran matematika, (2) mengetahui apakah penerapan model CRH dapat membina karakter komunikatif siswa dalam pembelajaran matematika, (3) mengetahui apakah penerapan model CRH dapat memperbaiki hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, dan (4) mengetahui hubungan antara karakter kerja keras dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model CRH dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen desain time series sebanyak enam kali pertemuan. Seluruh siswa kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin menjadi populasi pada penelitian ini, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIIE. Data penelitian ini diperoleh melewati observasi dan tes. Uji korelasi dan regresi digunakan untuk menelaah data yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan model CRH dapat membina karakter kerja keras, karakter komunikatif siswa dan memperbaiki hasil belajar siswa. Terdapat hubungan yang kuat antara karakter kerja keras dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa kelas SMP en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject model course review horay, kerja keras, komunikatif, hasil belajar en_US
dc.title Penerapan Model Course Review Horay dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Kerja Keras dan Komunikatif Siswa SMP en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account