dc.contributor.author |
Azmi, Hasynan |
|
dc.contributor.author |
Sukmawati, Ati |
|
dc.contributor.author |
Suryaningsih, Yuni |
|
dc.date.accessioned |
2022-07-04T00:49:10Z |
|
dc.date.available |
2022-07-04T00:49:10Z |
|
dc.date.issued |
2019-10-12 |
|
dc.identifier.isbn |
978 – 623 – 7533 – 11 – 5 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24763 |
|
dc.description.abstract |
Berdasarkan kurikulum 2013, siswa yang berada di tingkat SMA diharapkan telah
mampu berpikir tingkat tinggi. Akan tetapi, masih ada beberapa sekolah yang masih belum
menerapkan soal-soal berpikir tingkat tinggi sesuai dengan tuntutan pada kurikulum 2013.
Oleh karena itu, peneliti menerapkan suatu solusi yang dapat mengantarkan siswa menuju
keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni menggunakan model akselerasi. Dalam penelitian
ini model akselerasi menggunakan sintaks pembelajaran tipe MASTER. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menggunakan model
pembelajaran akselerasi serta menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah
diterapkan model pembelajaran akselerasi di SMAN 12 Banjarmasin Tahun Ajaran
2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini adalah 23 siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 12 Banjarmasin, objeknya adalah
kemampuan berpikir tingkat tinggi tingkat analisis. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan tes. Hasil penelitian dapat
disimpulkan sebagai berikut: (1) Dalam proses pembelajaran akselerasi pada siswa kelas XI
MIPA 1 SMAN 12 Banjarmasin, dapat disimpulkan bahwa dengan motivasi tinggi serta
eksekusi dalam pembelajaran yang baik tidak selalu mendukung keberhasilan proses
pembelajaran, siswa yang dibelajarkan dengan model akselerasi masih perlu pemahaman
lebih mendalam terkait materi- materi yang diajarkan, baik definisi-definisi yang baru bagi
siswa serta manfaatnya di masa mendatang. (2) Dalam penilaian kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 12 Banjarmasin, bahwa model pembelajaran
akselerasi cenderung kurang efektif untuk diterapkan dalam kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa disebabkan oleh nilai yang diperoleh siswa tidak sesuai dengan harapan. |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.subject |
model pembelajaran akselerasi, proses pembelajaran, kemampuan berpikir tingkat tinggi |
en_US |
dc.title |
KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL AKSELERASI DI KELAS XI SMAN 12 BANJARMASIN |
en_US |
dc.type |
Book chapter |
en_US |