dc.contributor.author |
Fajriah, Noor |
|
dc.contributor.author |
Suryaningsih, Yuni |
|
dc.contributor.author |
Kamaliyah, Kamaliyah |
|
dc.contributor.author |
Budiarti, Indah |
|
dc.contributor.author |
Adawiyah, Rabiatul |
|
dc.contributor.author |
Nasrullah, Nasrullah |
|
dc.contributor.author |
Amalia, Zaida |
|
dc.date.accessioned |
2022-07-04T00:48:12Z |
|
dc.date.available |
2022-07-04T00:48:12Z |
|
dc.date.issued |
2022-04-21 |
|
dc.identifier.citation |
Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Kamaliyah, K., Budiarti, I., Adawiyah, R., Nasrullah, N., & Amalia, Z. (2022). Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan literasi siswa. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-5. |
en_US |
dc.identifier.issn |
e-ISSN: 2722-3043 |
|
dc.identifier.issn |
p-ISSN: 2722-2934 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24755 |
|
dc.description.abstract |
Pembelajaran di sekolah diharapkan memunculkan siswa yang berkarakter serta
mampu memelihara dan melestarikan budaya sebagai tumpuan karakter bangsa.
Kenyataannya, berdasakan pendapat guru matematika diperoleh bahwa buku ajar yang ada
kurang mendukung unsur budaya di lingkungan peserta didik. Selain itu, berdasarkan hasil
PISA (Program for International Student Assessment) sejak tahun 2001, literasi siswa
Indonesia selalu berada pada peringkat bawah dibandingkan dengan negara-negara yang
menjadi peserta PISA. Berdasarkan permasalahan yang diuraikan di atas, maka diadakan
pengabdian bentuk pelatihan eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran geometri
kepada 41 guru matematika SMP Kabupaten Banjar dengan tujuan peserta mampu
menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau instrumen penilaian dengan
mengeksplorasi unsur etnomatematika dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan
literasi siswa. Metode pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan dua mode, yaitu sinkronus
dan asinkronus. Sinkronus dilakukan untuk memberikan ide kepada guru untuk
menyisipkan unsur budaya dalam pembelajarannya sedangkan asinkronus dilakukan untuk
membimbing 11 kelompok peserta menyusun rencana pembelajaran yang menggunakan
unsur budaya Banjar. Peserta sangat tertarik terhadap materi yang diberikan dan berusaha
menyusun rencana pembelajaran yang menyisipkan budaya Banjar. Budaya yang
digunakan peserta kebanyakan adalah aneka kue tradisional Banjar. Target pengabdian
tercapai dimana lebih dari 50% kelompok mampu menyusun RPP berbasis
etnomatematika terkait pembelajaran geometri, diantaranya yaitu menghubungkan
kegiatan literasi siswa dan instrumen penilaian pengetahuan materi unsur-unsur lingkaran
dengan kue khas Kalimantan Selatan. Peserta mengharapkan ada pelatihan lanjutan untuk
lebih banyak lagi menyusun rencana pembelajaran dengan materi yang berbeda. |
en_US |
dc.publisher |
The Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat in collaboration with Asosiasi Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (AJPKM) |
en_US |
dc.subject |
Ethnomatematika; Geometri; Literasi; Pelatihan |
en_US |
dc.title |
Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Literasi Siswa |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |