Repo Dosen ULM

Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Literasi Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.contributor.author Kamaliyah, Kamaliyah
dc.contributor.author Budiarti, Indah
dc.contributor.author Adawiyah, Rabiatul
dc.contributor.author Nasrullah, Nasrullah
dc.contributor.author Amalia, Zaida
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:48:12Z
dc.date.available 2022-07-04T00:48:12Z
dc.date.issued 2022-04-21
dc.identifier.citation Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Kamaliyah, K., Budiarti, I., Adawiyah, R., Nasrullah, N., & Amalia, Z. (2022). Eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan literasi siswa. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-5. en_US
dc.identifier.issn e-ISSN: 2722-3043
dc.identifier.issn p-ISSN: 2722-2934
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24755
dc.description.abstract Pembelajaran di sekolah diharapkan memunculkan siswa yang berkarakter serta mampu memelihara dan melestarikan budaya sebagai tumpuan karakter bangsa. Kenyataannya, berdasakan pendapat guru matematika diperoleh bahwa buku ajar yang ada kurang mendukung unsur budaya di lingkungan peserta didik. Selain itu, berdasarkan hasil PISA (Program for International Student Assessment) sejak tahun 2001, literasi siswa Indonesia selalu berada pada peringkat bawah dibandingkan dengan negara-negara yang menjadi peserta PISA. Berdasarkan permasalahan yang diuraikan di atas, maka diadakan pengabdian bentuk pelatihan eksplorasi etnomatematika dalam pembelajaran geometri kepada 41 guru matematika SMP Kabupaten Banjar dengan tujuan peserta mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau instrumen penilaian dengan mengeksplorasi unsur etnomatematika dalam pembelajaran geometri untuk meningkatkan literasi siswa. Metode pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan dua mode, yaitu sinkronus dan asinkronus. Sinkronus dilakukan untuk memberikan ide kepada guru untuk menyisipkan unsur budaya dalam pembelajarannya sedangkan asinkronus dilakukan untuk membimbing 11 kelompok peserta menyusun rencana pembelajaran yang menggunakan unsur budaya Banjar. Peserta sangat tertarik terhadap materi yang diberikan dan berusaha menyusun rencana pembelajaran yang menyisipkan budaya Banjar. Budaya yang digunakan peserta kebanyakan adalah aneka kue tradisional Banjar. Target pengabdian tercapai dimana lebih dari 50% kelompok mampu menyusun RPP berbasis etnomatematika terkait pembelajaran geometri, diantaranya yaitu menghubungkan kegiatan literasi siswa dan instrumen penilaian pengetahuan materi unsur-unsur lingkaran dengan kue khas Kalimantan Selatan. Peserta mengharapkan ada pelatihan lanjutan untuk lebih banyak lagi menyusun rencana pembelajaran dengan materi yang berbeda. en_US
dc.publisher The Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat in collaboration with Asosiasi Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (AJPKM) en_US
dc.subject Ethnomatematika; Geometri; Literasi; Pelatihan en_US
dc.title Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Literasi Siswa en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account