Repo Dosen ULM

Pelatihan Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Newman untuk Guru Matematika SMP/MTs

Show simple item record

dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.contributor.author Amalia, Rizki
dc.contributor.author Juhairiah, Juhairiah
dc.contributor.author Afifah, Umaira
dc.contributor.author Albari, Muhammad Roid
dc.contributor.author Rahman, Ahmad Faisal
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:47:57Z
dc.date.available 2022-07-04T00:47:57Z
dc.date.issued 2022-05-23
dc.identifier.citation Ansori, H., Suryaningsih, Y., Amalia, R., Juhairiah, Afifah, U., Albari, M. R., & Rahman, A. F. (2022). Pelatihan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan newman untuk guru matematika SMP/MTs. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 430-439. en_US
dc.identifier.issn e-ISSN: 2722-3043
dc.identifier.issn p-ISSN: 2722-2934
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24753
dc.description.abstract Matematika masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Kesulitan siswa dapat dilihat dari masih terdapatnya siswa yang melakukan kesalahan saat mengerjakan matematika, khususnya pada soal cerita. Soal cerita merupakan bentuk soal matematika yang dirancang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, kemudian dicari penyelesaiannya menggunakan kalimat matematika yang bisa memuat bilangan, operasi hitung, dan relasi. Kesalahan dalam penyelesaian soal matematika tidak dapat dibiarkan karena pada dasarnya kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal sehingga perlu dianalisis lebih lanjut, yaitu menggunakan prosedur Newman. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan kepada guru untuk melatih bagaimana menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan prosedur Newman. Tujuan akhir pelatihan ini adalah diharapkan hasil analisis kesalahan siswa dapat dijadikan dasar oleh guru untuk memberikan bantuan yang tepat kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Pelatihan ini dilaksanakan pada 15 – 29 Juli 2021, dilakukan dengan metode sinkronus dan asinkronus. Kegiatan dilaksanakan secara sinkronus pada 15 Juli 2021 secara daring menggunakan Zoom meeting. Adapun secara asinkronus berupa bimbingan secara asinkronus melalui Whatsapp grup dari 16–29 Juli 2021. Sebanyak 31 orang guru anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Barito Kuala mengikuti kegiatan pelatihan ini. Hasil akhir pelatihan adalah guru mampu melakukan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, yang dilihat dari hasil pengumpulan tugas. Beberapa kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newmann yang ditemukan guru berdasarkan jawaban soal cerita siswa adalah kesalahan siswa dalam memahami soal (comprehension error) dan kesalahan transformasi (proses skill error). en_US
dc.publisher The Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat in collaboration with Asosiasi Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (AJPKM) en_US
dc.subject Analisis Kesalahan; Newman; Pelatihan; Soal Cerita en_US
dc.title Pelatihan Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Newman untuk Guru Matematika SMP/MTs en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account