dc.contributor.author |
Ansori, Hidayah |
|
dc.contributor.author |
Suryaningsih, Yuni |
|
dc.contributor.author |
Amalia, Rizki |
|
dc.contributor.author |
Juhairiah, Juhairiah |
|
dc.contributor.author |
Afifah, Umaira |
|
dc.contributor.author |
Albari, Muhammad Roid |
|
dc.contributor.author |
Rahman, Ahmad Faisal |
|
dc.date.accessioned |
2022-07-04T00:47:57Z |
|
dc.date.available |
2022-07-04T00:47:57Z |
|
dc.date.issued |
2022-05-23 |
|
dc.identifier.citation |
Ansori, H., Suryaningsih, Y., Amalia, R., Juhairiah, Afifah, U., Albari, M. R., & Rahman, A. F. (2022). Pelatihan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan newman untuk guru matematika SMP/MTs. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 430-439. |
en_US |
dc.identifier.issn |
e-ISSN: 2722-3043 |
|
dc.identifier.issn |
p-ISSN: 2722-2934 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24753 |
|
dc.description.abstract |
Matematika masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang dianggap
sulit oleh siswa. Kesulitan siswa dapat dilihat dari masih terdapatnya siswa yang
melakukan kesalahan saat mengerjakan matematika, khususnya pada soal cerita. Soal
cerita merupakan bentuk soal matematika yang dirancang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari siswa, kemudian dicari penyelesaiannya menggunakan kalimat matematika
yang bisa memuat bilangan, operasi hitung, dan relasi. Kesalahan dalam penyelesaian soal
matematika tidak dapat dibiarkan karena pada dasarnya kesalahan dalam menyelesaikan
soal matematika menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal
sehingga perlu dianalisis lebih lanjut, yaitu menggunakan prosedur Newman. Oleh karena
itu, perlu diadakan pelatihan kepada guru untuk melatih bagaimana menganalisis
kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan
prosedur Newman. Tujuan akhir pelatihan ini adalah diharapkan hasil analisis kesalahan
siswa dapat dijadikan dasar oleh guru untuk memberikan bantuan yang tepat kepada siswa
yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Pelatihan ini dilaksanakan
pada 15 – 29 Juli 2021, dilakukan dengan metode sinkronus dan asinkronus. Kegiatan
dilaksanakan secara sinkronus pada 15 Juli 2021 secara daring menggunakan Zoom
meeting. Adapun secara asinkronus berupa bimbingan secara asinkronus melalui
Whatsapp grup dari 16–29 Juli 2021. Sebanyak 31 orang guru anggota MGMP
Matematika SMP Kabupaten Barito Kuala mengikuti kegiatan pelatihan ini. Hasil akhir
pelatihan adalah guru mampu melakukan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita matematika, yang dilihat dari hasil pengumpulan tugas. Beberapa kesalahan
siswa berdasarkan prosedur Newmann yang ditemukan guru berdasarkan jawaban soal
cerita siswa adalah kesalahan siswa dalam memahami soal (comprehension error) dan
kesalahan transformasi (proses skill error). |
en_US |
dc.publisher |
The Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat in collaboration with Asosiasi Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (AJPKM) |
en_US |
dc.subject |
Analisis Kesalahan; Newman; Pelatihan; Soal Cerita |
en_US |
dc.title |
Pelatihan Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Newman untuk Guru Matematika SMP/MTs |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |