Repo Dosen ULM

Laporan Pengabdian - Pelatihan Eksplorasi Konteks Masjid Jami Sungai Jingah dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Literasi Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.contributor.author Kamaliyah, Kamaliyah
dc.contributor.author Budiarti, Indah
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:46:41Z
dc.date.available 2022-07-04T00:46:41Z
dc.date.issued 2021-09-06
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24745
dc.description.abstract Di tengah perkembangan teknologi pendidikan, kurikulum pendidikan juga perlu memuat unsur budaya dalam pembelajaran di sekolah yang bertujuan untuk melahirkan generasi siswa yang berkarakter serta mampu memelihara dan melestarikan budaya sebagai tumpuan karakter bangsa. Tetapi kenyataannya, buku ajar yang ada kurang mendukung unsur budaya di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut maka guru sebagai penggerak pembelajaran perlu melakukan inovasi sehingga unsur budaya ada dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, berdasarkan hasil PISA (Program for International Student Assessment) sejak tahun 2001, literasi siswa Indonesia selalu berada pada peringkat bawah dibandingkan dengan negara-negara yang menjadi peserta PISA. Ini terjadi karena mereka tidak terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual, akibatnya mereka merasa sulit untuk menyelesaikan soal dan sering membuat kesalahan ketika memecahkan masalah literasi matematika berbasis konteks. Materi yang dikaitkan dengan konteks lokal dalam hal ini budaya di lingkungan peserta didik dikenal dengan istilah etnomatematika. Geometri dan budaya saling terkait, membuat geometri sekolah terkait erat dengan lingkungan serta budaya lokal. Banjarmasin merupakan daerah yang penduduknya mayoritas beragama Islam dan bersuku Banjar. Masjid merupakan bangunan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Banjar. Masjid didirikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat muslim untuk kegiatan keagamaan, pendidikan dan sosial. Masjid yang memiliki nilai sejarah di Banjarmasin salah satunya Masjid Jami Sungai Jingah. Berdasarkan permasalahan yang diuraikan di atas, maka diadakan pengabdian bentuk pelatihan eksplorasi konteks Masjid Jami Sungai Jingah dalam pembelajaran geometri kepada guru matematika SMP Kabupaten Banjar untuk meningkatkan literasi siswa en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject Pelatihan, Masjid Jami Sungai Jingah, Geometri, literasi en_US
dc.title Laporan Pengabdian - Pelatihan Eksplorasi Konteks Masjid Jami Sungai Jingah dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Literasi Siswa en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account