Repo Dosen ULM

Laporan Penelitian - Budaya di Lingkungan Lahan Basah dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pengembangan Bahan Ajar-Elektronik Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:45:32Z
dc.date.available 2022-07-04T00:45:32Z
dc.date.issued 2021-11-22
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24742
dc.description.abstract Budaya di lingkungan lahan basah khusus pasar terapung sudah mulai ditinggalkan masyarakat karena pembangunan sarana dan prasarana transportasi darat. Kemampuan peserta didik Indonesia dalam menjawab soal setara HOTS masih rendah yang dapat dilihat dari performa PISA peserta didik Indonesia yang tidak ada peningkatan untuk setiap tahun. Adanya pandemi COVID 19 yang mengakibat pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tiga masalah yang diungkapkan merupakan fakta pendukung urgensi penelitian untuk mengembangkan bahan ajar elektronik berlatar budaya di lingkungan lahan basah terintegrasi HOTS. Metode penelitian pengembangan model Plomp digunakan untuk mengembangkan bahan ajar-elektronik. Tahapan model Plomp ada lima, yaitu investigasi awal, desain, realisasi, tes, evaluasi dan revisi, serta implementasi. Kegiatan yang penting dalam investigasi awal adalah eksplorasi muatan-muatan matematika di pasar terapung yang ada di Kalimantan Selatan melalui observasi, wawancara, studi literatue untuk pendukung penemuan di lapangan. Tahap dua dan tiga adalah tahap perencanaan dan pelaksanaan menyusun materi, gambar, animasi, dalam bahan ajar dengan menggunakan media flipbook. Tahap empat ada tahap pengujian kualitas bahan ajar elektronik yang dikembangkan. Uji validasi diperoleh dari ahli, kepraktisan diperoleh dari pendapat pendidik dan peserta didik, efektif diperoleh dari tes yang dijawab oleh peserta didik di Kotamadya Banjarmasin. Prototipe akhir bahan ajar elektronik yang dikembangkan diperoleh dari hasil akhir tahap empat. Hasil penelitian akan disebarluaskan dengan membuat poster pada kegiatan seminar yang diikuti, membuat buku, dan supaya lebih terjamin akan HKI maka diajukan hak ciptanya. Bahan ajar-elektronik yang dikembangkan diharapkan akan mengenalkan pasar terapung kepada peserta didik sehingga mereka lebih mencintai kebudayaan khususnya kebudayaan di lingkungan lahan basah. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject budaya, lahan basah, HOTS, pengembangan, bahan ajar-elektronik en_US
dc.title Laporan Penelitian - Budaya di Lingkungan Lahan Basah dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pengembangan Bahan Ajar-Elektronik Matematika en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account