Repo Dosen ULM

Etnomatematika Budaya Banjar di Daerah Aliran Sungai Kota Banjarmasin Untuk Literasi Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriah, Noor
dc.contributor.author Sumartono, Sumartono
dc.contributor.author Suryaningsih, Yuni
dc.date.accessioned 2022-07-04T00:45:25Z
dc.date.available 2022-07-04T00:45:25Z
dc.date.issued 2020-03-04
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24741
dc.description.abstract Etnomatematika Budaya Banjar merupakan kolaborasi antara matematika dan budaya dimana materi matematika memuat konteks Budaya. Konteks tersebut diharapkan menjadikan salah satu bahan literasi matematika di sekolah menengah pertama yang dapat menarik minat peserta didik untuk menyukai matematika. Generasi muda suku Banjar banyak yang tidak mengenal istilah Banjar mengenai ukuran panjang, luas, satuan, volume, dan kecepatan. Etnomatematika bangunan yang terdiri dari mesjid, makam dan rumah adat, pasar terapung dan jajanan tradional serta sasirangan ditemukan. Diberikan beberapa masalah matematika dengan konteks Budaya yang sudah dieksplorasi sebagai prototipe masalah etnomatematika Budaya Banjar en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin en_US
dc.subject etnomatematika, budaya Banjar, daerah aliran sungai, literasi matematika en_US
dc.title Etnomatematika Budaya Banjar di Daerah Aliran Sungai Kota Banjarmasin Untuk Literasi Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah en_US
dc.title.alternative Laporan Penelitian en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account