Repo Dosen ULM

Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Teori Peluang di Program Studi Pendidikan Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Nur Elsa, Diana Putri
dc.contributor.author Ansori, Hidayah
dc.contributor.author Kusumawati, Elli
dc.date.accessioned 2022-07-01T07:26:27Z
dc.date.available 2022-07-01T07:26:27Z
dc.date.issued 2019-03-05
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24711
dc.description.abstract Kemajuan teknologi telah diaplikasikan dalam pendidikan melalui pelaksanaan pembelajaran menggunakan e-learning. Konsep e-learning yang tidak terbatas ruang dan waktu dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan efisiensi proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, e-learning membutuhkan suatu program Learning Management System (LMS) yang salah satu jenisnya adalah Moodle. Adanya media e-learning berbasis Moodle diharapkan dapat menunjang kualitas perkuliahan melalui penyampaian materi secara online, serta dapat mendorong mahasiswa untuk lebih aktif belajar secara mandiri sehingga lebih memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa peserta mata kuliah Teori Peluang terhadap penerapan media e-learning berbasis Moodle dan hasil penerapan media e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah Teori Peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian 41 orang mahasiswa peserta mata kuliah Teori Peluang di kelas B dan objek yang diteliti yaitu respon mahasiswa terhadap media e-learning berbasis Moodle Teori Peluang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif yaitu persentase. Adapun media yang diterapkan berupa situs e-learning berbasis Moodle yang dapat diakses pada halaman web http://emath.ulm.ac.id serta memuat materi perkuliahan Teori Peluang berdasarkan Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS), soal-soal latihan, serta fitur pelaksanaan UTS dan UAS Teori Peluang secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa peserta mata kuliah Teori Peluang memberikan respon sebesar 75,47% terhadap media dan hasil penerapan media berada pada kategori baik. en_US
dc.description.sponsorship Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Matematika FKIP ULM en_US
dc.relation.ispartofseries Tahun 2018;Nomor 1
dc.subject Media, e-learning, Moodle en_US
dc.subject Teori Peluang en_US
dc.title Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Teori Peluang di Program Studi Pendidikan Matematika en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account