dc.description.abstract |
Belum adanya sumber belajar berupa bahan ajar mata kuliah Geometri yang khusus dikembangkan untuk mahasiswa program Studi Pendidikan Matematika FKIP ULM menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Selama 3 tahun terakhir, bahan yang dijadikan referensi utama dalam perkuliahan masih berubah-ubah. Penyebabnya antara lain sulitnya mencari buku ajar yang dianggap memenuhi cakupan materi yang diinginkan pada capaian mata kuliah, kesulitan mencari buku cetak asli, ada buku yang materinya lengkap namun kurang menyediakan soal-soal untuk mahasiswa berlatih, dan kalaupun ada buku yang materi dan soal-soalnya lengkap, maka kendala berikutnya adalah buku yang berbahasa asing. Berdasarkan hal ini perlu dilakukan pengembangan bahan ajar untuk mendukung perkuliahan mata kuliah geometri khusunya yang sesuai dengan karakter mahasiswa dan kompentensi lulusan prodi pendidikan matematika FKIP ULM. Sehingga, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dimana dalam pelaksanaannya menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel yaitu model 4-D, terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh bahan ajar mata kuliah Geometri yaitu materi Esensi Geometri, Logika Matematika, Pembuktian pernyataan dalam geometri, serta kekongruenan ruas garis, sudut dan segitiga yang cukup valid atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil dengan rata-rata persentase 84,38%. |
en_US |