Repo Dosen ULM

Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran POE pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Show simple item record

dc.contributor.author Adawiyah, Siti Rabiatul
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.contributor.author Suharto, Bambang
dc.date.accessioned 2022-06-27T00:34:55Z
dc.date.available 2022-06-27T00:34:55Z
dc.date.issued 2019-04
dc.identifier.issn e-ISSN : 2613-9782
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24703
dc.description.abstract Abstrak. Pembelajaran di sekolah cenderung lebih menghafal teori, akibatnya peserta didik menjadi kurang terlatih untuk menggunakan daya nalarnya dalam menghadapi masalah. Peserta didik perlu dibekali keterampilan yang dapat membantu dalam menemukan informasi dari berbagai sumber. Salah satunya adalah keterampilan proses sains yang dapat mengasah pola pikir peserta didik secara mandiri sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil belajar. Hal ini yang menyebabkan keterampilan proses sains harus ditingkatkan. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian tentang penerapan model POE bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas guru; (2) aktivitas peserta didik; (3) keterampilan proses sains dan (4) hasil belajar. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 5 Banjarmasin dengan jumlah 33 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Data dianalisis dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan (1) aktivitas guru dari kategori cukup baik menjadi baik; (2) aktivitas peserta didik dari kategori cukup aktif menjadi aktif; (3) observasi dan hasil tes keterampilan proses sains dari kategori cukup terampil menjadi terampil, dan (4) hasil belajar meningkat secara klasikal dari 42,4% menjadi sebesar 81,8% en_US
dc.publisher Jurnal of Chemistry and Education, JCAE en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 2 No 3;report
dc.subject keterampilan proses sains en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject POE en_US
dc.title Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran POE pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account