dc.contributor.author |
Adawiyah, Siti Rabiatul |
|
dc.contributor.author |
Mahdian, Mahdian |
|
dc.contributor.author |
Suharto, Bambang |
|
dc.date.accessioned |
2022-06-27T00:34:55Z |
|
dc.date.available |
2022-06-27T00:34:55Z |
|
dc.date.issued |
2019-04 |
|
dc.identifier.issn |
e-ISSN : 2613-9782 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24703 |
|
dc.description.abstract |
Abstrak. Pembelajaran di sekolah cenderung lebih menghafal teori, akibatnya
peserta didik menjadi kurang terlatih untuk menggunakan daya nalarnya
dalam menghadapi masalah. Peserta didik perlu dibekali keterampilan yang
dapat membantu dalam menemukan informasi dari berbagai sumber. Salah
satunya adalah keterampilan proses sains yang dapat mengasah pola pikir
peserta didik secara mandiri sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil
belajar. Hal ini yang menyebabkan keterampilan proses sains harus
ditingkatkan. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model
pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian tentang penerapan
model POE bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas guru; (2) aktivitas
peserta didik; (3) keterampilan proses sains dan (4) hasil belajar. Penelitian
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri
dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 5 Banjarmasin
dengan jumlah 33 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes.
Data dianalisis dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan (1) aktivitas guru dari kategori
cukup baik menjadi baik; (2) aktivitas peserta didik dari kategori cukup aktif
menjadi aktif; (3) observasi dan hasil tes keterampilan proses sains dari
kategori cukup terampil menjadi terampil, dan (4) hasil belajar meningkat
secara klasikal dari 42,4% menjadi sebesar 81,8% |
en_US |
dc.publisher |
Jurnal of Chemistry and Education, JCAE |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 2 No 3;report |
|
dc.subject |
keterampilan proses sains |
en_US |
dc.subject |
hasil belajar |
en_US |
dc.subject |
POE |
en_US |
dc.title |
Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran POE pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |